Notification

×

Iklan

Iklan

Permudah Akses Masyarakat, Komisi IV Sambut Baik Beroperasinya Tol Cisumdawu

Jumat, 11 Februari 2022 | 17:06 WIB Last Updated 2022-02-11T10:06:35Z
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat,Daddy Rohanady 

Bandung.Internationalmedia.id.-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat,Daddy Rohanady menyambut baik dioperasikannya Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 ruas Cileunyi – Pamulihan.

Dengan dioperasikannya Tol tersebut  masyarakat bisa memanfaatkannya dan Ia mengharapkan seksi dua dan tiga bisa segera menyusul beroperasi.


Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat mencoba jalan Tol  Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi satu hingga seksi tiga di Cimalaka Kab. Sumedang, Rabu (26/01/22).

Dikatakan, di jalan Tol seksi dua masih ada penataan dan pembangunan karena ada longsor beberapa waktu lalu, Kemudian di seksi 3 sudah selesai sampai pintu tol Cimalaka,katanya.

Ditambahkan, di seksi empat dan lima, proses pembangunan dan pembebasan lahan terus berjalan sedangkan seksi enam sudah hampir selesai.

"Seksi empat dan lima semoga bisa segera menyusul terselesaikan dan target akhir tahun bisa tercapai, karena seksi enam sudah hampir selesai," kata Daddy, dalam suatu percakapan di Bandung, Jumat(11/2/2022).

Daddy menekankan keberadaan jalan Tol Cisumdawu menjadi akses masyarakat dari Bandung menuju Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka yang terkoneksi dengan Tol Cipali. 

Diharapkan, dengan keberadaan Tol Cisumdawu, mobilitas orang dan barang dapat lebih optimal.

"InsyaAllah akan segera dioperasikan (menyeluruh), bisa dimanfaatkan, digunakan seluruh masyarakat, seperti seksi satu, ya lumayan bisa memangkas titik kemacetan di Jatinangor dan Tanjungsari," tutup Daddy.

Dari data yang diperoleh, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp 5,5 triliun.

Dari keenam seksi, Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Saat ini progres fisik Seksi 2 mencapai 97 persen.

Kemudian Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT). Untuk Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100 persen.

Kemudian pembangunan Seksi 4 Cimalaka - Legok sepanjang 8,20 km konstruksinya sudah 18,9 persen, dan seksi 5 Legok - Ujung Jaya sepanjang 14,9 km progres konstruksinya sebesar 37,3 persen. Sedangkan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan progres konstruksinya sudah 86,5 persen.(Ter)

×
Berita Terbaru Update