Notification

×

Iklan

Iklan

KBRI Tokyo Gelar Indonesia- Japan Friendship Day di Wilayah Terdampak Gempa Ishikawa, Jepang

Selasa, 26 Maret 2024 | 20:56 WIB Last Updated 2024-03-26T13:56:26Z
KBRI Tokyo Gelar Indonesia- Japan Friendship Day di wilayah terdampak gempa Ishikawa,Jepang

Ishikawa, Jepang.Internationalmedia.id.-KBRI Tokyo senantiasa siap berikan pelindungan dan pelayanan terbaiknya bagi WNI di Jepang, termasuk di wilayah terdampak bencana.

Kesiapan ini ditegaskan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi saat pembukaan kegiatan pelayanan kekonsuleran dan layanan lainnya bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo di kota Kanazawa, Prefektur Ishikawa pada Minggu (24/03/2024).

Pelayanan kepada WNI ini untuk memastikan WNI terdampak gempa di wilayah Ishikawa termasuk Noto Peninsula dan sekitarnya dapat memperoleh pelayanan kekonsuleran yang memadai. Kegiatan ini adalah bagian rangkaian program Indonesia-Japan Friendship Day (IJFD) Ishikawa, 22-24 Maret 2024.

Sebanyak 186 WNI yang mayoritas bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) mendapatkan pelayanan paspor, buku pelaut, serta konsultasi kekonsuleran, dan kepabeanan.  

“Khusus kepada teman-teman ABK saya berpesan agar pahami hak dan kewajiban yang berlaku, pelajari kontrak dengan baik. Taati aturan hukum yang berlaku di Jepang. Kerja keras, tekun, dan belajar beradaptasi dengan baik serta jangan lupa lapor diri," pesan Dubes Heri yang dalam kunjungan di Ishikawa.

Dalam pertemuan dengan ABK Indonesia di Ishikawa Prefectural of Fisheries Co-operative Association pada Sabtu (23/3) yang dihadiri 30 orang ABK Indonesia, Dubes Heri juga berkesempatan meninjau asrama ABK Indonesia. Selain dialog interaktif, KBRI juga melaksanakan sosialisasi lapor diri dan aturan-aturan terkini terkait kepabeanan. 

Dalam rangkaian IJFD, KBRI Tokyo juga menyelenggarakan dialog, sosialisasi lapor diri serta sosialiasi aturan-aturan perpajakan/kepabeanan. Sebelumnya pada kesempatan terpisah (Jumat, 22/2) sebanyak 21 pelajar Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) juga mendapatkan pelayanan dan konsultasi pendidikan.

Pada kesempatan tersebut Dubes Heri Akhmadi juga melakukan pertemuan dengan Rektor dan Wakil Rektor Universitas Kanazawa, Profesor Wada Takashi dan Profesor Shimura Megumi untuk membahas peluang kerja sama, termasuk pengiriman mahasiswa S-1 Indonesia dengan skema IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards), serta peluang peningkatan kerja sama dengan universitas di Indonesia di bidang kedokteran. 

 Sebelumnya, pada Jumat, (22/03), Dubes Heri telah menganugerahkan Ambassador Award untuk sejumlah individu dan organisasi yang berkontribusi aktif dalam penanganan WNI terdampak bencana gempa di Prefektur Ishikawa. 

Penerima Ambassador Award ini adalah pasangan Nengsih dan Tsuchida Naoto, Hikmah Balbeid dan Matsui Seiji, serta Wawan Supriyanto. Dubes Heri juga memberikan penghargaan kepada Toyama Muslim Center (TMC) atas peran sertanya memberikan bantuan logistik khususnya kepada WNI terdampak gempa.(marpa)

×
Berita Terbaru Update