Notification

×

Iklan

Iklan

Remaja Putri dan Emak-Emak di Toba Minati Sepak Bola

Senin, 31 Juli 2023 | 19:46 WIB Last Updated 2023-07-31T12:46:40Z
Bupati Toba dan isteri bersama Dua kesebelasan Sepak Bola Wanita siap bertanding di Turnamen Sepak Bola HUT Kemerdekaan RI ke 78 di lapangan Kecamatan Nassau

Balige.Internationalmedia.id.-Dua tahun terakhir ini, para remaja, dewasa dan emak-emak di Kabupaten Toba, sontak minati olahraga sepak bola. Bahkan, ikut sampai ketingkat turnamen. 

Padahal, dulu olah raga Sepak Bola ini masih sangat tabu bagi masyarakat khususnya kaum wanita di Toba.

Di Kecamatan Essau, ada 4 klub, yakni Kesebelasan, Lumban Rau Tengah fc, Sijungkat fc, Sipange fc dan kesebelasan Ppk/pps fc. Ini terdiri dari kesebelasan tingkat SD,SMP, Dewasa dan emak-emak.

Selain itu ada juga di kecamatan Lumban Julu, dan kesebelasan di Kecamatan ini bahkan sudah lebih dulu 2 tahun lalu berdiri dibandingkan Nassau. Pesepakbolanya emak-emak.

Minat besar kaum Hawa di Toba ini pada olahraga Sepak bola berawal dari untuk memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia. Kemudian, berkembang hingga ketingkat remaja dan dewasa putri.

Untuk kecamatan Nassau, sama halnya dengan di kecamatan Lumban Julu. Dengan latarbelakang adanya kerinduan masyarakat Nassau untuk menyemarakkan dan memeriahkan HUT RI Ke-78 di Kecamatan Nassau dikarenakan dari tahun sebelumnya tidak ada diadakan turnamen sepak bola khusus wanita. 

Menurut Bendahara Panitia, Herawati Lumbantoruan, klub sepak bola wanita tersebut hanya khusus dibentuk untuk memeriahkan Turnamen Sepakbola pada HUT RI Ke-78. Dan dibentuk oleh warga wanita di Desa se-kecamatan.

Pada Turnamen Sepak bola Wanita di Kecamatan Nassau Minggu, (30/7/2023) yang dibuka secara resmi Ny Rita Marlina Poltak Sitorus, Bupati Toba Poltak Sitorus menyatakan dukungannya terhadap turnamen sepakbola wanita ini.

Pemkab mendukung kegiatan seperti ini, selain prestasi juga salah satu kegiatan untuk menghindari terjerumus kegiatan negatif seperti narkoba.

Pesan Bupati, lanjutkan terus menerus bisa di hari-hari biasa latihan bola atau pertandingan mini.

"Yang penting happy, bermain fair play semuanya ," kata Bupati.(Ung)

×
Berita Terbaru Update