Notification

×

Iklan

Iklan

Bercakap cakap Santai, Keakraban Para Pemimpin ASEAN di Sela KTT Ke-42 ASEAN

Kamis, 11 Mei 2023 | 08:09 WIB Last Updated 2023-05-11T01:09:06Z
Para pemimpin ASEAN beserta pendamping berbincang hangat di sela KTT ke-42 ASEAN, Rabu (10/05/2023), di Labuan Bajo. (Foto: BPMI Setpres)

Labuan Bajo.Internationalmedia.id.-Para pemimpin ASEAN tengah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/05/2023). 

Selepas menghadiri serangkaian pertemuan, para pemimpin beserta para pendamping dijadwalkan untuk menaiki kapal pinisi dan berlayar menikmati senja.

Saat berkumpul di ruang tunggu naratetama lobi Hotel Meruorah, tampak para pemimpin berbaur dan akrab berbincang satu sama lain. Tidak ada aturan protokoler yang ketat yang mengatur siapa harus duduk dekat siapa sehingga suasana tampak sangat hangat.

Sejumlah pemimpin tampak membuka jasnya sehingga tampak lebih santai daripada saat mereka berada di ruang konferensi. Beberapa telah berganti pakaian dengan pakaian yang lebih santai, seperti kemeja batik.

Suasana hangat terlihat ketika Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana berbincang dengan Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen. Selain itu, tampak juga PM Malaysia Anwar Ibrahim bersama istrinya Ibu Wan Azizah Wan Ismail duduk di satu sofa dengan istri Presiden Filipina, Ibu Louise Araneta-Marcos.

Sementara itu, PM Timor-Leste Taur Matan Ruak yang duduk bersama anaknya tampak berbincang hangat dengan PM Laos Sonexay Siphandone beserta Ibu Vandara Siphandone.

PM Singapura Lee Hsien Loong dan istri, Ibu Ho Ching, yang tampak baru datang juga langsung menyalami para pemimpin dan pendamping tanpa ragu-ragu. Demikian juga Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah, yang datang bersama putranya, Pangeran Abdul Mateen, langsung menyapa satu per satu pemimpin yang telah hadir.

Selepas berbincag-bincang, para pemimpin beserta para pendampingnya menuju Marina Labuan Bajo untuk kemudian menaiki kapal pinisi Lako Di’a. Mereka akan berlayar untuk menikmati keindahan matahari terbenam di Labuan Bajo. (lys)

×
Berita Terbaru Update