Notification

×

Iklan

Iklan

Para Perajin di Kabupaten Toba Terus Mendapat Pembinaan

Senin, 09 Mei 2022 | 21:37 WIB Last Updated 2022-05-09T14:37:56Z
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus(pakai topi) saat mengunjungi perajin

Toba.Internationalmedia.id.-Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus melakukan kunjungan sekaligus pembinaan kepada perajin ulos, perajin suvenir, dan kuliner di Desa Sibolahotang SAS, Kecamatan Balige , Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Senin, 9 Mei 2022.

Didampingi Ketua 1 Ny. Erna Grace Tonny Simanjuntak, Ketua TP PKK, mengunjungi lokasi yang pertama bersama kelompok kerja (Pokja) II  TP. PKK Kabupaten Toba ini adalah rumah milik Mak Bobby Siahaan Boru Manurung (61) sekaligus tempatnya  sebagai perajin ulos Batak.

Dalam perbincangan Rita Marlina, Erna Grace dengan Mak Bobby, perajin ini baru 5 tahun menekuni memproduksi ulos dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus(pakai topi) bersama  Ketua 1 Ny. Erna Grace Tonny Simanjuntak,dan pengurus Pokja II saat mengunjungi perajin

Mak Bobby mengaku menggunakan ATBM bekas seharga Rp.2.500.000,- yang dibeli dari Pematang Siantar.

Ulos yang tengah dikerjakannya adalah jenis Sadum Angkola. Jenis ini  dihargai Rp.100.000,-  per lembar bila dijual melalui tauke di pasar Balige, pada hari Onan yang jatuh setiap hari Jumat.

Untuk motif lainnya, ia mengatakan bisa mengerjakan dengan syarat ada  ulosnya sebagai contoh.

Selanjutnya TP. PKK Kabupaten Toba meninjau perajin kayu, yang memproduksi  hiasan kayu,gantungan kunci, dan miniatur rumah adat.

Tidak jauh dari lokasi perajin, Ibu-ibu PKK kemudian mengunjungi kediaman seorang  ibu rumah tangga, Lasmian Nainggolan, pemilik industri rumahan yang memproduksi  makanan ringan keripik dan sasagun.

Makanan ringan berupa kembang layang, keripik bawang, ubi ungu, keripik pisang, dan sasagun, produk dari industri rumahan ini sudah dipasarkan ke Tomok, Tigaraja,Ajibata, Siborongborong, Porsea dan Balige.

Usaha yang dimulai dari tahun 2014 ini, dikelola  Lasmian Nainggolan dibantu oleh anak-anaknya. Melihat hal ini, TP. PKK Kabupaten Toba sangat mengapresiasi .

Rita  Marlina pun mengajak ibu-ibu yang ada di PKK bukan hanya sekedar menjadi ibu rumah tangga, tetapi juga harus bisa bekerja untuk menambah pendapatan keluarga.(MC/Ung)



×
Berita Terbaru Update