Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Toba Apresiasi Pesta Budaya Penobatan Raja Maropat VI Bius Siantar

Rabu, 20 April 2022 | 08:13 WIB Last Updated 2022-04-20T01:13:45Z
Bupati Toba,Poltak Sitorus pada acara Pesta Budaya Penobatan Raja Maropat VI Bius Siantar

Toba.Internationalmedia.id.-Pemerintah Kabupaten Toba mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas penobatan Raja Maropat VI Bius Siantar.

Hal ini disampaikan Bupati Toba,Poltak Sitorus didampingi Wakil Bupati Toba,Tonny M.Simanjuntak pada acara Penobatan Raja Maropat VI Bius Siantar di Huta Ginjang Desa Narumonda VII, Kecamatan Siantar Narumonda,  Kabupaten Toba, Selasa (19/4/2022).

Menurut Bupati Poltak Sitorus Penobatan Raja Ogung Simorong Orong sebagai Raja Maropat VI Bius Siantar yang dirangkai  berbagai kegiatan dalam pesta budaya merupakan kegiatan yang sudah langka di masa sekarang.

Tunggul Marpaung dan isteri, salah seorang yang dinobatkan yang hadir dari Batam

"Kami yakin, Raja Maropat VI Bius Siantar yang dinobatkan ini benar-benar seorang yang "Raja", artinya seorang yang memiliki kepribadian seorang Raja, yaitu marugamo, maradat, maruhum, dan marparbinotoan, (beragama, beradat,memiliki hukum dan memiliki ilmu pengetahuan),"sebutnya.

Pemkab Toba juga  sangat mengapresiasi digelarnya pesta budaya  sekaligus menjadi pengingat akan sejarah Batak yang sangat kaya dengan nilai luhur budaya adat istiadat. 

Acara penobatan Raja Maropat VI ini, dihadiri para panglima, salah satunya hadir panglima Raja Sijorat, Hinca Pandjaitan, anggota DPR RI yang juga merupakan tokoh Batak dari perantauan.

"Kami bangga, terlebih Danau Toba telah ditetapkan sebagai daerah wisata superprioritas, sewajarnya ada budaya orang Batak yang patut kita tonjolkan dan tunjukkan kepada dunia, karena kita punya budaya yang unggul," sebut Bupati.

Saat Pesta Budaya Penobatan Raja Maropat VI Bius Siantar di Narumonda, Toba

Ia berharap agar kegiatan ini dapat dilestarikan serta berkelanjutan dan bisa menjadi salah satu agenda pariwisata kedepannya. 

"Semoga dengan penobatan ini juga akan mendatangkan berkat bagi huta (kampung) ini agar semakin makmur dan sejahtera," katanya berharap. 

Pada kesempatan ini, Bupati Poltak Sitorus juga mengajak keluarga besar Pomparan Raja Maropat Bius Siantar dan seluruh masyarakat yang hadir untuk bersama-sama dengan pemerintah berkontribusi dalam pembangunan. 

Lebih lanjut,  Bupati Poltak Sitorus juga mengajak dan mengimbau kepada masyarakat Toba  untuk mendukung program sistem indeks pertanaman dua kali setahun (IP2), yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rangkaian pesta adat ini  dimulai sejak tanggal 16- 19 April 2022.

Berbagai kegiatan tradisional digelar  diantaranya tonggo bius, panakkok saring saring, margondang/tortor, opera Batak, mangandung, margala, martada, martonun, kuliner, pameran dan penampilan artis lokal untuk menghibur warga. (MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update