-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tularkan kepada generasi muda, Disnaker Provsu Gelar Pelatihan Perajin Ulos

Senin, 21 September 2020 | 9/21/2020 WIB Last Updated 2020-09-21T00:03:10Z

Bupati Toba, Darwin Siagian (MC Toba)


Toba.Internationalmedia.id.- Sejumlah kaum ibu perajin ulos Batak mengikuti Pelatihan Kewirausahaan Produktif Kegiatan Stimulus Ekonomi Ketenagakerjaan Dan Dunia Usaha Program Peningkatan Kesempatan Kerja Propinsi Sumatra Utara (Sumut) Tahun 2020 Paket XIX yang digelar sejak tanggal15-19 September 2020 di Desa Patane IV, Kecamatan Porsea,Toba.

 

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumut Harianto Butarutar menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan sekaitan dengan dampak pandemi global Covid -19 kepada para pekerja dan usaha.

 

Jumlahnya sebanyak 24 paket yang tersebar di 12 kabupaten /kota se -Sumatra Utara. Satu paket dengan 20 peserta. Di Kabupaten Toba ada 2 paket.

 

Selain mendapat pelatihan dari instruktur,peserta juga mendapat bantuan berupa peralatan dan sejumlah benang untuk bertenun ulos Batak.

 

 

Kadis Harianto Butarbutar juga berpesan agar para perajin ulos Batak mau berinovasi ,jangan hanya produksi ulos tapi bervariasi produk lainnya.

 

“Pergunakanlah pengetahuan keterampilan hasil pelatihan dengan sebaiknya dan juga menularkan ilmu kepada kaum yang muda,” kata Harianto Butarbutar.

 

Bupati Toba Darwin Siagian menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Disnaker Provinsi Sumut ini.Ia berharap melalui pelatihan ini para perajin tetap bersemangat walau dalam situasi sulit adanya Covid-19.

 

Ia juga menyebutkan agar semua warga selalu mematuhi protokol kesehatan dalan mencegah pandemi Covid-19 ini.

 

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekransda) Kabupaten Toba Ny.Brenda Ritawati Darwin Siagian mengatakan para perajin ulos Batak dapat menitipkan ulos hasil produksinya ke galeri Dekranasda Toba di Balerong Balige.

 

Turut hadir Kadisnakertrans Toba Sirait , Kadis Perindagkop Tua Pangaribuan ,Camat Porsea Robert Manurung , dan pejabat lainnya.

 

Sebelumnya Bupati Darwin Siagian meninjau warga yang melaksanakan gotong royong pembersihan jalan pertanian di Desa Gasaribu,Kecamatan Laguboti. Bupati Darwin mengaku senang atas kekompakan warga,dan ia berkeinginan di hari mendatang ikut bergotong royong bersama-sama di desa ini. (MC Toba/Ung)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update