![]() |
| Alphonzus Wijaya, Budihardjo Iduansjah, Menpar Widiyanti Putri Wardhana, dan Ni Made Ayu Martini, saat jumpa pers, di Balairung Gedung Sapta Pesona, Jumat(21/11). |
Jakarta.Internationalmedia.id - Menteri Pariwisata (Menpar), Widiyanti Putri Wardhana mendukung penuh inisiatif penyelenggaraan Belanja di Indonesia Aja (BINA)-Indonesia Great Sale 2025 yang akan digelar 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 di Jakarta.
Dalam keterangannya pada Press Conference BINA Indonesia Great Sale 2025 bersama HIPPINDO dan APPBI di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta kemaren, menyatakan keyakinannya program ini akan menjadi katalis yang memperkuat ekosistem pariwisata dan memberikan manfaat nyata bagi pelaku usaha, baik perusahaan besar maupun UMKM.
“Ini adalah bentuk kolaborasi yang membawa dampak langsung bagi masyarakat dan memperkuat perputaran ekonomi nasional,” katanya.
“BINA Indonesia Great Sale 2025: Wisata Belanja di Indonesia” merupakan realisasi dari gerakan nasional Belanja di Indonesia Aja (BINA). Gerakan nasional ini diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) untuk memperkuat perdagangan dalam negeri.
Pekan belanja “BINA Indonesia Great Sale 2025: Wisata Belanja di Indonesia” menjadi kerja bersama antara Kementerian Pariwisata, Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) yang melibatkan lebih dari 380 perusahaan, 80.000 gerai, dan 800 merek serta didukung Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) yang menaungi lebih dari 400 mal di 24 provinsi.
BINA menjadi wadah kolaboratif yang menyinergikan sektor ritel dan pariwisata, dengan tujuan mendorong belanja dalam negeri dan menguatkan produk lokal.
Menpar berharap target transaksi sebesar Rp 30 triliun dapat tercapai selama periode kampanye.“Belanja adalah motivasi wisata yang sangat penting, kata Menpar.
Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah, menyampaikan BINA Indonesia Great Sale 2025 akan menawarkan diskon 20–80 persen.
Khusus wisatawan mancanegara, akan ada tambahan diskon 11 persen untuk pembelian dengan menunjukkan paspor.“Kami berharap kampanye ini menjadi daya tarik wisata belanja sehingga Indonesia kembali menjadi destinasi pilihan wisatawan,” kata Budihardjo.
Ketua Umum APPBI, Alphonzus Widjaja, menambahkan gelaran Great Sale 2025 dapat menjadi momentum penting dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional menjelang akhir tahun.“Natal dan Tahun Baru adalah puncak kedua penjualan ritel setelah Ramadhan dan Idul Fitri. (RBS)
