Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Samosir Ajak IDN Australia Kerjasama

Selasa, 24 Oktober 2023 | 19:32 WIB Last Updated 2023-10-24T12:32:42Z
Bupati Samosir Vandiko T. Gultom bersama Indonesia Diaspora Network(IDN) Australia

Samosir.Internationalmedia.id.- Bupati Samosir Vandiko T. Gultom mengajak Indonesia Diaspora Network(IDN) Australia bekerjasama untuk mempromosikan produk-produk UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan Pariwisata Kabupaten Samosir di Australia.

Ajakan ini disampaikan saat IDN Australia melakukan kunjungan di Rumah Dinas Bupati Samosir, Senin,(23/10/2023).IDN Australia yang hadir di antaranya President IDN Australia, Hendra Wijaya, Wakil President IDN Australia, Ben Tampubolon, Former President IDN Pert, Haris Kumar, Sesepuh IDN Australia, Rasyid, Vetta Yetti dari Kementerian Perdangangan RI,  Event Organizer IDN Australia, Cristine Damanik. 

Turut hadir mendampingi Bupati Samosir, Jajaran OPD Pemkab Samosir, Pabung O210 TU G. Sebayang, Danramil Pangururan, Sugino, Camat Pangururan, Robintang Naibaho.

Bupati  Samosir menjelaskan, selain alam yang cukup indah, Kabupaten Samosir sebagai Central Danau Toba merupakan kawasan strategis pariwisata Nasional, memiliki budaya dan merupakan Titik Nol peradaban Batak sehingga sangat layak untuk dikunjungi. 

Salah satu produk UMKM yang diperkenalkan dan langsung dicicipi rombongan IDN Australia adalah Kopi asli Samosir yang memiliki histori yang tidak dimiliki daerah lain yaitu merupakan hasil pertanian daerah letusan gunung purba.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Diaspora Australia, terima kasih sudah memilih Samosir sebagai tujuan. Selamat datang di Negeri Indah Kepingan Surga titik Nol Peradaban Batak" kata Vandiko.

Terlebih dengan adanya Event Aqua bike bertaraf Internasional di Danau Toba, Vandiko meminta IDN Australia  membantu promosi sehingga dapat mendatangkan wisatawan ke Samosir. 

Ditambahkan bahwa  Kabupaten Samosir juga menggelar "Samosir Music International" yang mengundang musisi dari Luar negeri menyanyikan lagu Batak seperti dari Itali dan Austria.

Presiden IDN Australia, Hendra Wijaya menjelaskan kunjungannya bersama tim ke Samosir dalam rangka melihat potensi Pariwisata, Kebudayaan, Perdangangan dan Investasi. 

Menurutnya, Pariwisata di Kabupaten Samosir merupakan suatu bentuk yang menarik bagi semua orang. "Saya rasa akan menjadi bentuk promosi yang sangat bagus, sehingga teman-teman di Australia dapat menikmati keindahan alam Kabupaten Samosir," ucapnya. 

Hendra Wijaya yang merasa terhormat dengan jamuan makan khas Batak memuji keindahan Sibea-bea, diyakini akan dapat menarik wisatawan lokal dan luar negeri. 

Sementara itu, Wakil President IDN Australia, Ben Tampubolon berharap ada tindak lanjut ke depan, seperti halnya membantu kopi Samosir yang sudah memiliki kemasan yang bagus dapat masuk ke Australia. 

Menjadi rekan kerja, membawa Teknologi  yang ada di Australia ke Samosir dan sebaliknya membawa produk yang ada di Samosir untuk dipromosikan di Australia.

Ben Tampubolon menambahkan dengan adanya berbagai kerjasama ke depan, melalui  off-road pihaknya dapat membawa 30-an club offroading untuk menikmati alam yang menantang. 

Melalui pendidikan, dijelaskan masyarakat Indonesia datang ke Australia menimba Ilmu, bekerja, menabung dan pulang ke Indonesia membuka Usaha. 

"Meski kami hidup di Australia hati kami ada di Indonesia, selanjutnya kami akan membuat rangkuman dan melaporkan kepada dubes dan komjen serta dengan senang hati akan membantu promosi Kabupaten Samosir. Inilah kerinduan hati kami, tidak hanya ngomong saja." kata Ben Tampubolon 

Sebagai tanda kehormatan, Bupati Samosir memberikan ulos kepada President IDN Australia dan rombongan.(Ung)

×
Berita Terbaru Update