Notification

×

Iklan

Iklan

Setelah 8 Bulan Tertahan di Perairan Vietnam Akhirnya 9 ABK Berhasil Dikembalikan ke Tanah Air

Sabtu, 18 Juni 2022 | 08:14 WIB Last Updated 2022-06-18T08:54:36Z
Sebanyak 6 Orang ABK Tertahan di Perairan Vietnam

Jakarta.Internationalmedia.id.-Kementerian Luar Negeri RI bersama dengan Perwakilan RI di Vietnam kembali berhasil memfasilitasi kepulangan 6 (enam) orang ABK dari kapal MJSS pada 17 Juni 2022. 

Ini merupakan repatriasi tahap ke-2 setelah sebelumnya pada 14 Mei 2022 telah dilakukan repatriasi 3 (tiga) orang ABK. Sehingga jumlah 9 ABK semua telah kembali ke tanah air setelah tertahan di Kapal kurang lebih 8 (delapan) bulan.

Para ABK yang tertahan di perairan Vietnam bagian Selatan terjadi sejak November 2021 akibat cuaca buruk (force majeure) yang menyebabkan insiden kerusakan fasilitas tiang pancang pembangkit listrik dan jaring nelayan Vietnam karena tertabrak tongkang dari kapal MJSS.

Selama tertahan kurang lebih 8 bulan di perairan Vietnam, Kapten dan seluruh ABK di kapal berbendera Indonesia tersebut telah mengikuti semua aturan dan ketentuan yang diberlakukan oleh otoritas setempat. 

KJRI Ho Chi Minh City dengan dukungan otoritas setempat telah beberapa kali mengunjungi kapal untuk membawakan bahan logistik makanan dan kebutuhan lainnya, termasuk mendatangkan dokter.

Selanjutnya, Perwakilan RI di Vietnam akan berupaya untuk mendorong percepatan penanganan kasus permintaan ganti rugi yang dihadapi kapal MJSS dimaksud sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Di sela-sela proses pemulangan ABK, KJRI HCMC juga berupaya memberikan edukasi kepada para ABK WNI untuk senantiasa mengedepankan unsur kehati-hatian dalam menerima pekerjaan mengingat saat ini marak bermunculan penipuan lowongan pekerjaan di luar negeri.(marpa)

×
Berita Terbaru Update