Notification

×

Iklan

Iklan

Tanggul Sungai Jebol, KPP DPRD Jabar: Harus Ada Koordinasi Dengan BBWS Citarum

Sabtu, 13 November 2021 | 20:12 WIB Last Updated 2021-11-13T13:12:16Z
Kaukus Perempuan  Parlemen DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan kegiatan bansos  kepada warga terdampak rumah rusak akibat bencana jebolnya tanggul sungai Cisunggalah tiga hari lalu di Kampung Babakan Sabagi RT 01 RW 17 Desa Panyadap Kecamatan Solokanjeruk, Sabtu (13/11/2021).(Foto: Sidiq/ Humas DPRD Jabar)

Kab.Bandung.Internationalmedia.id.-Hujan deras beberapa hari terakhir yang hampir merata di seluruh daerah di Jawa Barat, membuat Tanggul Sungai Cisunggalah yang berada di Kp. Babakan Sabagi, Desa Panyadapan, Kecamatan Solokan Jeruk jebol dan merusak 10 rumah tinggal masyarakat sekitar. 

Hal tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) DPRD Provinsi Jawa Barat dengan meninjau langsung serta memberikan santunan bantuan sembako bagi para warga yang terdampak.

Sekretaris KPP DPRD Provinsi Jawa Barat, Cucu Sugyanti mengatakan, kejadian tanggul jebol di Desa tersebut terjadi setiap tahun saat musim hujan. Oleh karena itu dirinya mendorong pihak terkait dan mengajak masyarakat agar melakukan penghijauan di area pegunungan untuk menyerap air serta mengeruk dasar sungai agar tidak terjadi pendangkalan.

Tentunya kami menyerap aspirasi dari pak kades, ini terjadi setiap tahun ketika musim hujan, tentunya ada persoalan yang harus diselesaikan, pertama bagaimana kita melaksanakan penghijauan di gunung-gunung yang sebagai penyerapan air.

Kedua harus dilakukan pengerukan sehingga tidak menjadi penumpukan air, katanya usai meninjau lokasi tanggul jebol di Desa Panyadapan, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Sabtu, (13/11/2021).

Cucu yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat menyebut, pihaknya tidak hanya fokus untuk pemulihan dan penanganan Desa Panyadapan saja, namun sarannya tadi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan banjir di wilayah lain

"Tentunya bukan di wilayah sini saja, tapi di wilayah-wilayah lain kita mencoba menyelesaikan persoalan persoalan yang terkait tentang banjir dan tanggul jebol," ucap Cucu.

"Mulai dari sekarang kita harus menanam pohon keras di pegunungan untuk menyerap air, sehingga kedepan tidak kembali banjir," tutupnya.

Selain itu, Anggota KPP lainnya yang juga Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Daerah Pemilihan 2 Jabar (Kabupaten Bandung), Nia Purnakania menambahkan, pihaknya juga membantu dengan cara koordinasi dan komunikasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum untuk menanggulangi persoalan sungai di Jabar khususnya di Desa Cisunggalah.

"Kita juga harus ada koordinasi dan komunikasi, jadi kan kalo berbicara sungai itu ada kewenangan BBWS, jadi kita akan mengawal dengan koordinasi dengan BBWS untuk sungai desa Cisunggalah agar tidak terjadi lagi banjir dan tanggul jebol," tambah Nia.(mar)



×
Berita Terbaru Update