Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Toba Tampung Aspirasi Warga melalui Tonggo Raja

Senin, 01 November 2021 | 16:00 WIB Last Updated 2021-11-01T09:00:46Z
Bupati Toba, Poltak Sitorus saat menampung aspirasi Warga melalui Tonggo Raja

Toba.Internationalmedia.id.-Pemerintah Kabupaten Toba buka cara baru untuk mempermudah masyarakat atau warga yang akan menyampaikan aspirasinya melalui "Tonggo Raja"( Rapat- Versi adat batak-Red).


Salah satu yang acara digelar di antaranya menampung keluhan masyarakat atas jalan yang  rusak, digelar di Desa Lumban Ruhap, Kecamatan Habinsaran, Minggu sore (31/10/2021).

“Semoga pemerintah segera memperbaiki jalan rusak sepanjang jalan dari Galung – Lumban Ruhap – Bulu Duri,” sebut salah satu penatua desa marga Sitorus kepada Bupati Toba Poltak Sitorus mengawali acara tersebut.

Selanjutnya, warga juga mempertanyakan soal kejelasan SK 79 tentang tapal batas wilayah kehutanan di desa mereka.

“Itulah sebabnya banyak tanah tidak diusahai ditambah kondisi tenaga kurang,” sebut warga lalu menyambung perlunya bantuan traktor.

Boru Tanjung, seorang ibu rumah tangga dan beberapa warga lainnya juga menyampaikan kembali soal jalan rusak dan permohonan bantuan pembangunan gereja di desa mereka.

Keluhan kesulitan mendapat pupuk juga disampaikan mereka yang umumnya petani.

Setelah mendengar berbagai aspirasi warga desa ini, Bupati Poltak Sitorus dan pimpinan OPD memberikan sejumlah keterangan dan solusi. Di antaranya dengan rencana menampung anggaran kebutuhan masyarakat dan perbaikan jalan di tahun mendatang.

Bupati juga mengajak warga agar mempertahankan status 0 pasien aktif Covid-19 di wilayah tiga kecamatan: Habinsaran, Borbor dan Nassau (dikenal dengan Habornas) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19.

Turut dalam tonggo raja ini, anggota DPRD Toba dari Dapil Habinsaran Richad Lubis, Sekdakab Toba Audi Murphy O. Sitorus, Asisten Ekonomi Pembangunan Sahat Manullang , Asisten Administrasi Umum Parulian Siregar, Camat Habinsaran Santo Pane dan sejumlah pimpinan OPD Kabupaten Toba.

Sebelumnya Bupati Poltak Sitorus meninjau lokasi lahan jagung dengan selingan cabe rawit milik petani Risman Pane di Desa Lumban Ruhap dengan bibit P-32 bantuan pemerintah yang tumbuh dengan baik.

Risman Pane mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Toba atas bantuan bibit jagung yang kini tumbuh dengan baik. Ia berharap kedepannya akan ada lagi bantuan selanjutnya. (MC /Ung)



×
Berita Terbaru Update