Notification

×

Iklan

Iklan

Pakaian Adat Indonesia Warnai Upacara Bendera 17 Agustus di Roma

Rabu, 18 Agustus 2021 | 21:53 WIB Last Updated 2021-08-18T14:53:44Z


Jakarta.Internationalmedia.id.-​Sekitar 100 peserta berpakaian nasional dan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di KBRI Roma pada Selasa (17/08/2021).


Inspektur Upacara pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-76 ini adalah Duta Besar Indonesia untuk Italia, Esti Andayani dan komandan upacara adalah Kolonel (E) Wachyad, Atase Pertahanan KBRI Roma. Dalam upacara tersebut, turut hadir Duta Besar Indonesia untuk Vatikan beserta keluarga dan staf KBRI Vatikan.


Detik-detik proklamasi ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 17 kali, kemudian diikuti pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan teks Pancasila.


Selanjutnya, 3 pemuka agama dari komunitas Islam, Kristen dan Hindu secara bergiliran memanjatkan doa menyampaikan rasa syukur atas nikmat dan rahmat kemerdekaan Indonesia serta mendoakan kesehatan, keselamatan bagi seluruh rakyat dan bangsa Indonesia dan dunia dari pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.


Selanjutnya, pada saat pengibaran bendera, 3 anggota Paskibra KBRI Roma, yaitu: Daniswara Zayna Windriyani Waskito, Ahmad Rizqi Al Zidan dan Felice Irwanda, dengan langkah tegap, kompak, dan rapi, telah berhasil menjalankan tugasnya untuk mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih.


Upacara ditutup dengan persembahan lagu-lagu perjuangan oleh 25 peserta aubade KBRI Roma yang terdiri dari anak-anak, pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Roma dan suami dari para staf KBRI Roma.


Mereka menyanyikan 3 (tiga) lagu perjuangan, yaitu: Hari Merdeka, Berkibarlah Benderaku dan Indonesia Pusaka. Penampilan aubade dimeriahkan dengan lambaian bendera merah putih dari peserta anak-anak tim aubade.


Usai upacara bendera, Dubes RI Roma menyematkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada perwakilan penerima penghargaan. Pada tahun 2021 ini, terdapat 2 staff KBRI Roma yang menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya XX tahun dan 2  staff ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) Milan yang menerima Satyalancana Karya Satya X tahun.


Sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia, Dubes RI Roma melaksanakan tradisi "pengerukan tumpeng" dan menyerahkannya kepada Dubes RI Vatikan, perwakilan Paskibra, perwakilan PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia), dan wakil masyarakat WNI/ Diaspora Indonesia.


Setelahnya, Dubes RI Roma didampingi Dubes RI Vatikan membuka display hasil lomba fotografi dan lomba menggambar online "Ceria Merdeka KBRI Roma 2021", serta foto-foto kenangan pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI selama periode 2017-2020. Acara semakin meriah dengan kegiatan foto bersama dan ramah tamah dengan menikmati hidangan makanan dan minuman khas Indonesia.


Mempertimbangkan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 serta sebagai upaya untuk meminimalisir potensi penyebaran Covid-19, pelaksanaan upacara bendera diselenggarakan secara hybrid, dengan kehadiran fisik peserta dalam jumlah terbatas di KBRI Roma.


Namun demikian, masyarakat luas juga dapat mengikuti rangkaian upacara bendera tersebut melalui kanal YouTube dan Facebook live KBRI Roma.


Selama kegiatan fisik, protokol kesehatan dan keamanan tetap diberlakukan, termasuk pemeriksaan suhu (temperatur tubuh), penggunaan hand sanitizer, penggunaan masker selama upacara berlangsung, dan penggunaan sarung tangan penyaji makanan pada saat acara ramah tamah.


Berdasarkan kesepakatan, pelaksanaan upacara bendera peringatan kemerdekaan RI di Italia diselenggarakan secara bergiliran diantara KBRI Roma dan KBRI Vatikan.(marpa)

×
Berita Terbaru Update