Notification

×

Iklan

Iklan

Hujan Deras Tidak Menyurutkan Semangat WNI di Denmark untuk Merayakan HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Rabu, 18 Agustus 2021 | 22:00 WIB Last Updated 2021-08-18T15:00:28Z


Jakarta.Internationalmedia.id.-​Walaupun hujan mengguyur deras, para WNI yang berada di Kopenhagen, Denmark terlihat antusias mengikuti rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Acara digelar di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kopenhagen (17/08/2021). 


Rangkaian kegiatan dimulai dengan upacara bendera yang dipimpin oleh Kepala Kanselerai KBRI Kopenhagen, Bernadeta Julia Pratiwi.

 

Dubes RI untuk Denmark dan Lithuania, Dewi Savitri Wahab, yang semula dijadwalkan menjadi Pembina upacara, tidak dapat hadir karena pada saat yang bersamaan tengah menyerahkan surat kepercayaan (kredensial) kepada Presiden Gitanas Nauseda sebagai Kepala Negara Lithuania yang berlangsung di ibukota Lithuania, Vilnius.



Upacara yang berlangsung tepat pada pukul 09.00 waktu Kopenhagen tersebut berlangsung lancar dan khidmat dan diikuti oleh sekitar 125 orang peserta dari berbagai elemen Diaspora Indonesia di Denmark. Sejumlah Warga Negara Denmark ikut hadir dalam rangkaian kegiatan dimaksud.

 

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan potong tumpeng dimana tumpeng pertama diberikan oleh Kepala Kanselerai KBRI Kopenhagen kepada pasukan pengibar bendera yang telah sukses menjalankan tugasnya.

 

Acara hiburan dimulai tepat pada pukul 10 dimana para WNI bersama-sama menarikan tari hiburan berupa Poco-poco, Maumere, dan Alusi Au. WNI pun semakin semangat berpartisipasi dalam permainan tradisional seperti tarik tambang, balap karung, memasukkan paku ke dalam botol, kelereng dalam sendok, dan balap tepung. 

 

Rangkaian kegiatan ditutup dengan acara silaturahmi dan ramah tamah makan siang bersama para warga yang hadir. 

 

Kegiatan dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku di Denmark. Semua peserta yang hadir wajib menunjukkan Corona Passport yang membuktikan bahwa individu pemegang paspor tersebut telah divaksin, telah dites Covid-19 dengan hasil negatif, ataupun telah sembuh dari Covid-19.



Pemerintah Denmark sendiri telah melonggarkan restriksi dengan tidak membatasi jumlah perkumpulan luar ruangan. Per 17 Agustus 2021, jumlah kasus Covid-19 di Denmark adalah  331.736 kasus,  316.180 sembuh, dan 2.560 korban orang meninggal dunia.

 

Sejumlah 4.334.496 penduduk (74.7%) telah memperoleh vaksin tahap pertama dan 3.822.031 orang (66%) telah menerima vaksin tahap kedua.(lysmar)

×
Berita Terbaru Update