Pengumuman Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik via live streaming YT Kementerian PANRB, Kamis (29/7/2021
Jakarta.Internationalmedia.id.-Aksi Tali Intan berhasil
memenangkan penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji klaster pemerintah
provinsi pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2021.
Aksi Tali Intan kependekan dari Aksi Petani Peduli Perlindungan Tanaman,
sebuah inovasi yang digagas Dinas
Perkebunan Provinsi Jawa Barat.
Aksi Tali Intan berhasil menyisihkan 1.610 inovasi pelayanan
publik dari daerah lain. Kemudian berhasil lolos tahapan presentasi, wawancara,
verifikasi, dan observasi lapangan yang dilakukan secara virtual karena pandemi
COVID-19.
Manfaat yang diberikan Aksi Tali Intan sangat
multidimensi mulai dari menjaga
lingkungan secara berkelanjutan (sustainable),
merespons pasar, serta meningkatkan kesejahteraan petani.
Tim Evaluasi KIPP dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur
Negara dan Reformasi Birokras menilai, Aksi Tali Intan memiliki empat pembaruan
yang diusung yakni, aksi sederhana, perubahan pola pikir, perubahan budaya
kerja, dan pemberian insentif.
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja
mengapresiasi capaian Dinas Perkebunan. Prestasi ini menjadi penghibur dan
penambah semangat dalam perang melawan COVID-19. “Selamat untuk Aksi Tali Intan
yang sudah terpilih menjadi Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji pada KIPP
2021,” ungkapnya.
Setiawan berpesan agar Aksi Tali Intan dapat dikembangkan
lebih jauh sehingga kebermanfaatannya semakin terasa dan luas. “Agar inovasi
ini tidak berhenti di sini saja tapi terus dikembangkan. Tetap dijaga
kesinambungannya dan dapat direplikasi di daerah lain baik di Jabar maupun luar
Jabar,” katanya.
Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi Tjahjo Kumolo, KIPP upaya pemerintah membudayakan terobosan dalam
pelayanan publik, sehingga birokrasi tidak terjebak rutinitas dan senantiasa
menemukan cara baru dalam pelayanan cepat dan terbaik.
“Proses perizinan yang cepat dan transparan harus semakin
efektif dan prima kepada seluruh lapisan masyarakat,” ujar Tjahjo saat
mengumumkan pemenang secara daring, Kamis (29/7/2021).
Ketua Tim Evaluasi KIPP 2021 Ida Bagus Wyasa Putra
mengatakan, para pemenang tidak hanya memiliki inovasi pelayanan publik yang
baik namun juga memiliki kebaruan dan dampak yang luar biasa.
“Mereka yang lolos ke predikat top ini adalah peserta yang
inovasinya luar biasa, mereka tidak hanya menunjukkan kebaruan dari kinerja
cara merespons kebutuhan, tetapi dampak (inovasinya) yang real dan luar biasa,”
kata Ida Bagus.
KIPP 2021 diikuti kementerian, lembaga, pemerintah daerah
provinsi dan kab/kota, BUMN dan BUMD untuk menjaring inovasi pelayanan publik
terbaik secara nasional.
Teman tahun ini “Percepatan Inovasi Pelayanan Publik untuk
Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui Transfer Pengetahuan di
Tatanan Normal Baru.”(Ter)