-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kerajinan Seni Gorga di Toba Dibangkitkan

Kamis, 01 Juli 2021 | 7/01/2021 WIB Last Updated 2021-07-01T08:58:53Z

Pemkab Toba Benahi kerajinan gorga seni lukis

Toba.Internationalmedia.id.-Guna mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba, Pemkab Toba membenahi bidang kerajinan gorga, seni ukir yang dianggap berpotensi disajikan di sektor usaha masyarakat kecil dan menengah.

 

Kerajinan gorga ini mendapat dukungan dari Kementerian Perindustrian RI, melalui Direktorat Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang dan Kerajinan Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka, bekerja sama dengan Pemkab Toba, Dekranasda Pusat dan Dekranasda Toba.

 

Pelatihan bagi pengrajin gorga, berupa bimbingan teknis dan pelatihan bidang desain produk kerajinan dikawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba yakni di Kabupaten Toba di Hotel Mareda Balige.

 

Bimbingan teknis dan pelatihan kali ini memilih pelatihan desain produk aneka souvenir bermotif gorga yang terbuat dari kayu diantaranya pembatas buku, stand dekorasi , dan magnet kulkas.

 

Di samping itu manajemen usaha dan pengembangan desain marketing, juga turut dilatih," ujar Syarifuddin selaku struktur pelatih, kepada wartawan, Kamis (1/7/2021).

 

Kegiatan ini sudah dimulai sejak 28 juni 2021 lalu dan akan berakhir pada 2 Juli 2021 dengan memberikan pelatihan kepada 2 kelompok pengrajin gorga di Toba dimana setiap kelompok terdapat 10 orang peserta.

 

"Kami berterima kasih kepada Pemkab Toba dan Kementerian Perindustrian atas digelarnya bimtek dan pelatihan ini," ujar Jisral Tambun, anggota pengrajin dari Kelompok Gorga Toba asal Kecamatan Bonatua Lunasi.

 

Hal senada juga disampaikan Silalahi peserta dari kelompok Jhonnery Art yang berasal dari Desa Silalahi Pagar Batu, Kecamatan Balige.

 

"Kami berharap kegiatan pelatihan seperti ini dapat berkelanjutan dan lebih bagus lagi jika diterapkan pada unit-unit sekolah, sehingga sejak dini para siswa terbekali pendidikan awal dan selanjutnya agar mudah dikembangkan saat siswa sudah lulus, "ujar Silalahi.

 

Informasi yang dihimpun, setelah pelatihan berakhir, kedua kelompok akan diberikan bantuan berupa alat handsaw duduk, chainsaw, mesin bubut, amplas duduk, ketam setrika, hand router dan mata bor.Bantuan ini diharapkan dapat mendukung keberlanjutan usaha kedua kelompok.

 

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UKM Kabupaten Toba, Tua Pangaribuan menyebut bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan melestarikan budaya Batak Toba melalui ukiran gorga Batak Toba sebagai warisan nenek moyang kita yang saat ini hampir terlupakan.

 

Oleh karena itu, lanjut Tua, Pemkab Toba sangat mengapresiasi hal kegiatan ini, sebagai upaya awal dan akan berkelanjutan untuk dikembangkan berkenaan dengan pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

 

"Dengan harapan nantinya para peserta tetap produktif dan inovatif untuk menorehkan karya-karya gorga yang terbaik dan mampu berdaya saing saat disajikan bagi wisatawan,"tandas Tua Pangaribuan.(Ung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update