-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Permudah Kekonsuleran bagi WNI di Kamboja, KBRI Phnom Penh Luncurkan ‘LARING’

Rabu, 28 April 2021 | 4/28/2021 WIB Last Updated 2021-04-28T04:44:34Z


Jakarta.Internationalmedia.id.-Kreatif dan inovatif menjadi kunci kinerja pemerintah di masa pandemi Covid-19. Dukungan teknologi digital menyebabkan pemberi layanan mengadopsi cara-cara baru supaya lebih efisien.

 

KBRI Phnom Penh terus berinovasi dengan memberikan pelayanan kekonsuleran secara daring untuk mengurangi interaksi secara langsung dalam program 'Laring' (Layanan Daring).

 

Dalam aplikasi LARING tersebut, pemohon dapat mengajukan layanan hanya dengan komputer ataupun gawai lainnya. Pemohon layanan dapat mengajukan aplikasi permohonan ke LARING dengan mengisi data diri pemohon dan dapat mengunggah persyaratan ke dalam aplikasi dengan format PDF, JPG dan JPEG.

 

Adapun pelayanan yang dapat diajukan oleh pemohon di Kamboja adalah: (i) Surat Keterangan Pengganti Surat Ijin Mengemudi (SIM) Indonesia; (ii) Surat Keterangan Jalan; (iii) Surat Pencatatan Kelahiran/Kutipan Akta Kelahiran; (iv) Surat Pencatatan Perkawinan/Pendaftaran Perkawinan; dan (v) Surat Keterangan Pindah.

 

Setelah pemohon menyelesaikan pengisian aplikasi LARING, petugas KBRI akan menghubungi pemohon dan memverifikasi dokumen-dokumen yang telah diunggahnya.

 

Apabila disetujui, hasil pindai dokumen yang diinginkan akan dikirimkan secara langsung kepada pemohon melalui Whatsapp. Sedangkan dokumen asli akan disimpan di KBRI Phnom Penh sampai d iambil oleh pemilik dokumen.

 

Batas maksimum penyimpanan dokumen secara fisik adalah 2 tahun. Setelah 2 tahun, dokumen akan dimusnahkan.

 

KBRI Phnom Penh berharap peluncuran LARING ini dapat membantu masyarakat Indonesia/WNI di Kamboja untuk memperoleh pelayanan KBRI secara mudah, cepat dan aman dari segi kesehatan.

 

Namun, hingga saat ini permohonan pembuatan paspor secara daring belum dapat dilakukan karena pemohon masih harus datang ke KBRI untuk pengambilan biometrik dan foto.(marpa)

 

(Sumber: KBRI Phnom Penh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update