Notification

×

Iklan

Iklan

Kabupaten Dairi Mempercepat Menuju Digitalisasi Desa

Sabtu, 13 Maret 2021 | 11:21 WIB Last Updated 2021-03-13T04:33:27Z

Bupati Dairi bersama Bakti dan APJII

Sidikalang.Internationalmedia.id.-Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melakukan kunjungan ke Kabupaten Dairi, Jumat (12/03/2021).

 

Kunjungan yang dipimpin Budi Setiadi dari BAKTI Kominfo dan perwakilan APJII Ferdiansyah ini, guna menyampaikan program kemitraan bersama Pemerintah Kabupaten Dairi.

 

Dikatakan, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah berupaya untuk melakukan komitmen kerja sama dengan 7 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Dairi sesuai dengan surat permintaan yang sebelumnya disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi.

 

” Kehadiran BAKTI, ingin menjembatani kesenjangan akses telekomunikasi dan informasi melalui pemanfaatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Melalui program Konektivitas BUMDes, BAKTI akan menggandeng penyelenggara layanan internet (Internet Service Provider/ISP) untuk menghadirkan konektivitas internet yang lebih baik di pedesaan”, ujar Budi Setiadi .

 

Budi Setiadi menjelaskan, pihaknya telah melakukan kunjungan dan survey di beberapa desa di 2 kecamatan di Kabupaten Dairi, seperti desa Lingga Raja di kecamatan Pegagan Hilir, desa Palding Jaya dan Juma Gerat di kecamatan Tigalingga.

Dan akan dilanjutkan ke desa Huta Rakyat, Belang Malum, Bintang dan desa Silalahi II. Ia menegaskan bahwa Dairi merupakan daerah pertama di Sumatera Utara yang menjadi target program kemitraan yang akan dibangun BAKTI.

 

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengucapkan terimakasih karena BAKTI cepat merespon dan turun ke Dairi. Beliau menyebut Era desa digital harus segera dikembangkan.

 

“Ini yang saya tunggu-tunggu. Era desa digital harus segera dikembangkan. Digitalisasi ekonomi desa menjadi salah satu program utama dalam upaya pembangunan desa .

 

Apalagi pada masa pandemi Covid-19 ini, digitalisasi ekonomi dapat membantu memasarkan berbagai potensi dan produk yang dihasilkan oleh desa dengan lebih mudah, tentunya dengan kemudahan dan fasilitas internet yang memadai”, kata Bupati.

 

Bupati menegaskan pengoptimalan fungsi BUMDes diberbagai bidang harus segera dilakukan, mulai dari penyediaan jaringan internet, berbelanja keperluan pertanian dan usaha lainnya untuk mendorong ekonomi desa.

 

“Saya ingin BAKTI, dan APJII harus segera melakukan program ini. Tahun ini, Dairi akan ditetapkan oleh Kementerian Kominfo menjadi salah satu kabupaten menuju Smart city.

 

Jadi persiapan infrastruktur seperti ini tentunya sangat baik dan sangat membantu kita. Apabila ada BUMDes kita yang belum siap dengan program ini, saya meminta bisa dibantu oleh BAKTI agar realisasi desa digital segera terwujud”, pugkas Bupati.

 

Bupati juga berharap, Dinas Kominfo dan Dinas Pemdes bisa menyosialisasikannya dengan pemerintah desa dan apa yang menjadi rekomendasi atas survey ini dapat segera ditindaklanjuti, sehingga harapannya kerja sama BUMDes dan penyedia layanan internet melalui fasilitator BAKTI Kominfo dapat terealisasi dengan cepat.(james)

×
Berita Terbaru Update