Notification

×

Iklan

Iklan

Untuk mendukung Wisata Danau Toba, Pembangunan SMK Pariwisata Balige, Dimulai

Jumat, 28 Agustus 2020 | 18:42 WIB Last Updated 2020-08-28T11:43:23Z
Peletakan batu pertama

Balige.Internationalmedia.id.-Menko Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan mendukung dan mengharapkan pembangunan gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kepariwisataan Negeri 3 Balige agar benar-benar bermutu.

Hal ini disampaikan Menko Luhut secara daring pada acara peletakan batu pertama SMKN 3 Balige di Desa Tambunan Lumban Pea, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Jumat,28 Agustus 2020.

Menurut Luhut, keberadaan SMK Kepariwisataan ini dapat mendukung era pariwisata massal yang saat ini berubah ke kuantitas akibat pandemi Covid-19 dengan prinsip berinovasi dan beradaptasi global.

Apalagi akan ada jalan tol dari Tebing Tinggi sampai ke Parapat dan akan dibangun Hospital (rumah sakit) bertaraf internasional. Semuanya mendukung pariwisata Danau Toba.

Ia juga meminta pekerja pembangunan gedung ini bekerja secara baik dan memiliki disain yang baik pula.SMK ini harus didukung kampus, kurikulum, guru yang bermutu. Juga ada asramanya.Sehingga mendapat out put yang bermutu juga.

Berbiaya Rp 6 Miliar

Sebelumnya Plt.Kadis Pendidikan Provinsi Sumatra Utara Lasro Marbun di lokasi melaporkan lahan pembangunan SMK ini berbiaya sebesar Rp.6.Milliar dari APBN Tahun 2020 ( fisik meubel Rp.3,2 M dan peralatan Rp.2 8 M) di tanah seluas 10.070 M2 hasil hibah warga setempat melalui Pemkab Toba. Pembangunan dimulai akhir Agustus -Desember 2020.

Bupati Toba, Darwin Sitorue meletakkan batu pertama

Lasro juga menyebutkan SMK bantuan fasilitasi Unit Sekolah Baru dari Direktorat SMK Kemendikbud RI ini didukung Kemenko Kemaritiman dan Mentei Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. SMK ini memiliki kompetensi keahlian bidang Perhotelan dan Tata Boga.

Kehadiran SMK ini, kata Lasro juga untuk merespon dan mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba sebagai salah satu destinasi utama pariwisata nasional.

Bupati Toba Darwin Siagian menyambut baik dan bersyukur karena akan dimulainya pembangunan sekolah SMK Pariwisata yang tujuannya untuk mendukung destinasi pariwisata. Tahun ajaran akan dimulai pada tahun 2021 mendatang.

Turut memberikan sambutan secara virtual yaitu Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah, Menteri Pendidikan diwakili Ditjen Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto,dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama Kusubandio.

Seusai kata-kata sambutan , Asidep Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Cosmas Harefa, Lasro Marbun, Bupati Darwin Siagian, Pdt.Donda Simanjutak dan tokoh masyarakat Tambunan melakukan peletakan batu pertama pembangunan SMKN 3 Balige di lokasi.

Sebelum acara seremoni, dilaksanakan acara ibadah yang dipimpin Praeses HKBP Toba Hasundutan, Pdt.Donda Simanjuntak.

Turut hadir Sekda Audi Murphy Sitorus, Kajari Toba Samosir Robinson Sitorus,unsur Forkopimda Toba,Ketua TP.PKK Toba Ny.Brenda Ritawati Darwin Siagian, para pimpinan OPD Kabupaten Toba dan warga setempat.(Ung)


×
Berita Terbaru Update