Notification

×

Iklan

Iklan

Kerjasama dengan Jepang, Disdik Jabar luncurkan dua program

Selasa, 21 Juli 2020 | 16:49 WIB Last Updated 2020-07-21T09:49:36Z
Kadisdik Jabar, Dedi Supandi

Bandung.Internationalmedia.id.- Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Jawa Barat (Jabar), Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jabar bekerjsama dengan Jepang, berencana meluncurkan dua program.

Kedua program itu yakni pertukaran pelajar siswa SMP dan SMA ke Hiroshima Global Academy, dan mengirim lulusan SMK di Jabar guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Jepang.

Hal tersebut disampaikan Kadisdik Jabar, Dedi Supandi usai menerima kunjungan dari Bagian Kerja Sama Departemen Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Diani Risda di Operational Room Kantor Disdik Jabar, Jln. Dr. Radjiman No. 6, Bandung, Selasa,(21/7/2020).

Dikatakan, kerja sama seperti ini merupakan upaya Disdik dalam mewujudkan visi "Jabar Juara Lahir Batin melalui Inovasi dan Kolaborasi". 

Kolaborasi seperti ini harus terus dilakukan dan dikembangkan. Terlebih pada program pengiriman lulusan SMK ke Jepang, akan mampu meningkatkan terserapnya tenaga kerja di Jabar.

Pihaknya akan segera menindaklanjuti kerja sama ini. "Kita akan siapkan bahan dan mekanismenya, setelah itu kita akan komunikasikan ke Pemprov Jabar," ungkapnya dalam siaran persnya.

Selain itu, pihaknya akan terus berinovasi membuka jurusan-jurusan baru di SMK yang sesuai kebutuhan pasar. "Kita akan pelajari kebutuhan pasar apa saja yang bisa dikembangkan menjadi jurusan di SMK," tuturnya.

Sementara itu, Diani Risda menyampaikan, ada 14 pekerjaan yang dibutuhkan Jepang dari tenaga kerja Indonesia. Di antaranya, care worker, building cleaning management, aviation industry, dan food service industry. Kebutuhan tersebut bisa dimanfaatkan oleh siswa lulusan SMK di Jabar.

"Diharapkan, alumni SMK di Jabar bisa dikirim ke Jepang untuk bekerja di sana," ujarnya.

Diani yang juga menjabat Advisor di Asia Foundation itu menuturkan, bahasa adalah hal paling penting yang harus dikuasai. Sehingga, pembinaan bahasa Jepang harus menjadi perhatian dalam merealisasikan program ini.

"Kita bisa membuat pelatihan. Bisa melibatkan swasta atau difasilitasi oleh Disdik," kata Dian. (Ter)

×
Berita Terbaru Update