Bandung.Internationalmedia.id.- PT Pos Indonesia (Persero) memastikan kesiapan penuh armada kendaraan dan operasional nasional dalam menghadapi lonjakan kiriman pada periode Natal dan Tahun Baru (NATARU) 2025–2026.
Seluruh unit operasional diinstruksikan untuk menyiapkan kendaraan angkut, memastikan kelayakan teknis, serta mengoptimalkan kapasitas linehaul dan kendaraan last-mile untuk mengantarpaket agar layanan tetap cepat, tepat, dan tanpa hambatan.
Pada apel kesiapan NATARU yang dilaksanakan secara serentak di Kantor Pusat Jakarta, Bandung, seluruh Kantor Pos di seluruh Indonesia, manajemen menegaskan bahwa tahun ini Pos Indonesia melakukan penguatan signifikan pada armada operasional.
Seluruh kendaraan didata ulang, dicek kelayakannya, dan ditingkatkan kapasitasnya melalui tambahan armada pendukung. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kiriman e-commerce, pengiriman musim liburan, dan peningkatan aktivitas transaksi masyarakat di akhir tahun.
Plt Direktur Utama Pos Indonesia, Haris, dan Direktur Human Capital Management, Asih Kurniasari Komar, seusai Apel meninjau War Room 24/7 sebagai pusat pengendalian nasional, yang terletak di Kantor Pusat di Bandung dan Kantor Regional 2 Jakarta. War Room akan memonitor pergerakan kiriman dan kondisi armada secara real-time,memastikan tidak ada hambatan dalam alur distribusi.
Dalam kunjungan tersebut, Haris juga menegaskan bahwa pemantauan khusus dilakukanterhadap kiriman bantuan kemanusiaan untuk korban bencana di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat, yang saat ini sedang disalurkan melalui Pos Indonesia secara gratis.
Melalui sistem monitoring terpusat, War Room memastikan seluruh bantuan tiba tepat waktu, aman, dan tidak mengalami hambatan distribusi. “Kecepatan dan ketepatan pengiriman adalah kepercayaan.
Karena itu kami memperkuat linehaul, armada lastmile, dan seluruh jalur distribusi agar masyarakat mendapatkan layanan terbaik sepanjang musim liburan, termasuk untuk pengiriman bantuan bencana,” ujar Haris, Plt. Direktur Utama Pos Indonesia.
Untuk memperkuat kualitas distribusi paket, Pos Indonesia meningkatkan koordinasi operasional end-to-end, mulai dari proses sortir, linehaul, hingga pengantaran lastmile.
Penggunaan teknologi seperti mesin sortir robotic dan RFID dioptimalkan untuk mempercepat proses dan meminimalkan kesalahan. Dengan langkah ini, Perusahaan memastikan setiap paket tiba tepat waktu, termasuk di wilayah dengan peningkatan volume kiriman yang signifikan.
Di lapangan, kesiapan petugas pengantar juga menjadi fokus utama. Pos Indonesia memastikan seluruh petugas didukung dengan perlengkapan yang memadai, rute yang terukur, dan standar kerja yang konsisten.
Interaksi layanan yang ramah, akurat, dan profesional diutamakan agar pelanggan merasakan kualitas layanan yang semakin baik selama puncak liburan.
Untuk menjaga kelancaran layanan sepanjang periode libur panjang, Pos Indonesia memastikan armada dan jaringan operasional siap penuh, khususnya di kota-kota dengan aktivitas tertinggi seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Batam.
Dengan kesiapan ini, Pos Indonesia berkomitmen menghadirkan layanan pengiriman yang aman, cepat, dan dapat diandalkan oleh seluruh masyarakat Indonesia selamamomen Natal dan Tahun Baru.
Tentang Pos Indonesia
Pos Indonesia adalah perusahaan logistik dan kurir terbesar di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 279 tahun melayani masyarakat. Dengan jaringan lebih dari 4.000kantor pos dan 28.000 titik layanan yang tersebar hingga ke pelosok negeri, Pos Indonesia mampu menghadirkan layanan kurir, logistik, dan jasa keuangan yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
Sejalan dengan transformasi digital, Pos Indonesia menghadirkan berbagai platform modern seperti PosAja!, Pospay, dan Agenpos yang memudahkan akses layanan secara cepat dan praktis.
Berbekal jaringan yang luas, inovasi digital, serta komitmen pada keberlanjutan, Pos Indonesia terus memperkuat perannya sebagai mitra strategis masyarakat, pemerintah, dan dunia usaha dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.*
