Notification

×

Iklan

Iklan

KAI Commuter Wujudkan Layanan Transportasi yang Inklusif dan Setara

Senin, 13 Oktober 2025 | 12:31 WIB Last Updated 2025-10-13T05:31:18Z

Jakarta.Internationalmedia.id.-KAI Commuter berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan transportasi yang inklusif dan setara bagi seluruh penggunanya. Kami secara konsisten meningkatkan berbagai aspek pelayanan guna memastikan perjalanan menggunakan Commuter Line lebih aman, nyaman, dan setara bagi seluruh pengguna.

Salah satu langkah utama KAI Commuter dalam memberikan pelayanan adalah dengan memberikan pelatihan intensif kepada seluruh petugas frontliner agar mereka dapat memberikan layanan yang ramah, profesional, dan responsif terhadap kebutuhan penumpang. 

Manager Public Relations KAI Commuter, Leza Arlan menyampaikan bahwa KAI Commuter juga secara rutin mengadakan survei kepuasan pelanggan, yang menjadi dasar bagi penyempurnaan layanan di masa mendatang. 

“Hasil survei dan masukan dari pengguna ini membantu kami dalam menciptakan standar pelayanan yang lebih baik, lebih inklusif, dan lebih berorientasi pada kebutuhan pengguna,” jelas Leza.

Fasilitas Inklusif bagi Seluruh Pengguna

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap aksesibilitas dan kenyamanan, KAI Commuter menyediakan berbagai fasilitas ramah difabel dan inklusif bagi semua pelanggan. Mulai dari layanan khusus disabilitas, fasilitas layanan disabilitas di area stasiun, hingga rekrutmen pegawai dari penyandang disabilitas.

Untuk itu, KAI Commuter telah menghadirkan nomor khusus layanan pengguna disabilitas di 0812-9660-5747 sejak akhir tahun 2019, yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna disabilitas yang akan menggunakan Commuter Line untuk mendapatkan layanan khusus. Selain itu, KAI Commuter juga telah meluncurkan kartu disabilitas yang dapat digunakan oleh pengguna disabilitas yang tidak terlihat secara fisik.

”Sepanjang 2025 hingga September kemarin total permintaan pelayanan khusus disabilitas sebabanyak 748 permintaan, dan permohonan kartu disbilitas sebanyak 7.256 pemohon di seluruh area operasi KAI Commuter,”  Leza menambahkan.

Untuk fasilitas layanan di area stasiun, KAI Commuter telah melengkapi area stasiun dengan guiding block untuk membantu penumpang dengan disabilitas penglihatan. Stasiun-stasiun Commuter Line juga telah dilengkapi dengan toilet difabel dan loket difabel untuk akses layanan yang lebih mudah. Selain itu, KAI Commuter juga menyediakan fasilitas ruang menyusui dan kursi roda.

Lebih lanjut Leza menyampaikan bahwa untuk mendukung dunia kerja yang inklusif bagi semua, KAI Commuter telah mempekerjakan dua orang penyandang disabilitas. 

“Program ini menjadi bentuk dukungan terhadap prinsip inklusi sosial dalam ketenagakerjaan, sekaligus memperluas akses bagi difabel yang merata, berkeadilan, dan berkelanjutan untuk berkarya di sektor transportasi,” tandasnya. 

Layanan perjalanan yang aman dan nyaman adalah hak semua pengguna Commuter Line. Oleh karena itu, kami terus berupaya menghadirkan inovasi layanan yang semakin inklusif dan berorientasi pada kenyamanan seluruh pelanggan.(rel)

×
Berita Terbaru Update