Notification

×

Iklan

Iklan

Satu Ditemukan Meninggal Dunia, Pencarian Korban Terjangan Banjir di Bakkara Dihentikan Sementara

Sabtu, 02 Desember 2023 | 22:45 WIB Last Updated 2023-12-02T15:45:08Z
Akibat terjangan banjir, desa Simangulampe porakporanda

Bakkara.Internationalmedia.id.-Bencana alam di Desa Simangulampe, kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan(Humbahas) menyebabkan 35 rumah rusak berat, 11 korban masih belum ditemukan serta 1 orang ditemukan meninggal dunia.

Upaya keras masih dikerjakan untuk pencarian korban dengan sejumlah alat berat yang terdiri dari excavator ada 2 unit, loader 1 unit, backhoe loader 1 unit dan alat berat  breaker untuk pemecah batu ukuran besar.

Hal ini disampaikan Kadiskominfo Kabupaten Humbahas, Batara Siregar ketika dihubungi malam ini lewat WhatsApp’

Dikatakan, sekitar 100 personil polri, 90 personil TNI dan Basarnas Pos Parapat 4 orang telah berada di lokasi beserta seluruh aparatur Pemkab terkait penanggulangan bencana lintas OPD  telah berada di lapangan. 

Batu-batu besar diangkut untuk memudahkan pencarian korban

Sebelum diteliti lebih lanjut, diperkirakan bencana ini disebabkan liquifaksi tanah. Bupati Humbang Hasundutan bersama Kapolres Humbang Hasundutan dan Dandim TU  0210 mengkoordinir pelaksanaan normalisasi di lapangan.

Selanjutnya untuk korban penduduk yang selamat telah disediakan penampungan sementara dengan menyediakan kebutuhan pangan dan sandang menunggu proses normalisasi dan rehabilitasi selesai dilaksanakan. 

Para pengungsi ditempatkan di 2 posko yaitu Posko 1 : kantor camat bakti raja sebanyak 80 orang.
Posko 2 : gedung serbaguna HKBP Simanullang Sinambela drnsmysk 60 orang.

Kemudian akan dilakukan mitigasi untuk menghindari kejadian bencana yang mungkin terjadi. Selain itu masyarakat diminta agar tetap tenang dan jangan berbondong-bondong memenuhi lokasi bencana agar proses normalisasi di lapangan bisa berjalan lancar.

Tadi pencarian dihentikan sementara karena sudah malam.

Menurut Batara, Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, SE sudah berdialog dengan para korban yang di pengungsian.

Segala kebutuhan dasar akan dipenuhi seperti pangan dan sandang. Direncanakan proses normalisasi jalan dan pencarian korban dimulai besok pagi pukul 07 Wib.(lys)

×
Berita Terbaru Update