Notification

×

Iklan

Iklan

Pelantikan Anggota DPRD Jabar 2024 Diperkirakan Menelan Biaya Rp 1, 5 Miliar Lebih

Minggu, 24 Desember 2023 | 05:00 WIB Last Updated 2023-12-24T06:49:18Z
Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat Dr. H. Dodi Sukamayana,SE., MM

Bandung.Internationalmedia.id.-Pelantikan 120 anggota DPRD Jawa Barat yang baru, tanggal 2 September 2024 mendatang diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp 1,5 miliar lebih.

Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat Dr. H. Dodi Sukamayana,SE., MM menyatakan sebagai leading sector acara pelantikan anggota DPRD Jawa Barat Periode 2024-2029, biasanya pelantikan dilaksanakan di gedung Merdeka Bandung. 

Kenapa dipilih Gedung Merdeka,  karena itu merupakan Gedung yang memiliki nilai historis, dan dinilai sangat representative untuk pelantikkan anggota DPRD provinsi Jawa Barat.

Dr Dodi Sukmayana yang juga Kandidat Guru Besar Universitas Winaya Mukti ini, menyebutkan, karena yang akan dilantik berasal dari 27 Kabupaten Kota di Jawa Barat, kita menggunakan 2 Hotel di sekitar Gedung Merdeka yang dinilai representative untuk menginap anggota DPRD yang telah berakhir masa tugasnya dan calon anggota DPRD Jabar yang akan dilantik.

Kita akan Gunakan Hotel Preanger dan Hotel Homann, Preanger untuk anggota lama  dan Savoy Homann untuk calon anggota baru. Dan pada saatnya itu para anggota akan berjalan kaki dari hotel tempatnya menginap ke tempat pelantikkan di Gedung Merdeka, katanya.

Tanggal 14  Februari 2024, hari pelaksanaan pemilihan anggota Legislatif berjalan tinggal hitungan hari lagi. Dan keanggotaan di lembaga legislative bernama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi yang menurut Undang-Undang merupakan mitra Pemerintah Daerah, sehinga lembaga legislative yang tidak semurni DPR RI inipun akan berganti secara periodik keanggotannya dalam siklus lima tahunan, sebagian besar berwajah baru karena masih ada wajah lama yang terpilih kembali.

120 orang Anggota DPRD Jawa Barat terpilih hasil pemilihan legislative tahun 2024 nanti,   akan dilantik sekitaran tanggal 2 bulan September 2024 terhitung sejak berakhirnya periode  lima tahunan masa kerja  anggota DPRD periode 2019-2024 hasil pemilihan legislative tahun 2019.

Terkait dengan anggaran pelantikan Dodi mengungkapkan, pada tahun 2019 yang lalu, pada saat pelantikkan anggota DPRD Jabar periode 2019-2024,  diperlukan biaya hingga sekitar Rp.1,5 Miliar untuk anggaran pelantikkan dan segalanya.

Sedangkan untuk tahun  2024 nanti, Dodi menyebut,  pihaknya belum bisa mengestimasi berapa besaran anggaran yang diperlukan  untuk pelantikkan  anggota DPRD Jabar yang baru. Dengan besaran inflasi saat ini diperkirakan dapat  melebihi anggaran periode sebelumnya.

Sampai saat ini biaya untuk pelantikkan anggota dewan baru itu belum terhitung.  Yang belum terukur itu masalah pengamanan, pengamanan belum ke-ukur BKO-nya berapa.

Kalau yang dulu dulu sih anggaran Rp.1,5 M, gak tahu sekarang karena situasinya sudah berbeda kan.

Kita masih menunggu rapat koordinasi dulu, maisalnya dari Kodam personilnya berapa, dari Kodim terus dari Polda berapa. Demikian juga dari Polres berapa, dan satpol PP.

Kemudian tamu undangan biasanya tokoh tokoh masyarakat Jawa Barat, terus mungkin bertambah dan itu kan akan memerlukan tambahan tambahan biaya, konsumsi dan lainnya, ungkapnya.

Diluar itu semua Dodi mengkhawatirkan apabila pada saat hari H pelantikkan pejabat negaranya sudah bukan definitive karena pelantikkan anggota DPRD Provinsi dihadiri setidaknya pejabat atau Menteri definitive oleh Menteri Dalam negeri.

Kekhawatiran lain juga apabila tiba-tiba saja ada SE Mendagri pelantikkan anggota DPRD provinsi yang baru harus  dilaksanakan di Jakarta, Kalau di Jakarta, kita diuntungkan sebenarnya karena semua biaya jadi tanggung jawab Kemendagri, katanya mengakhiri,(Ter)

×
Berita Terbaru Update