Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Sebut, Usaha Mewujudkan SDM Unggul di Kabupaten Toba Sulit Dicapai

Senin, 04 Desember 2023 | 21:08 WIB Last Updated 2023-12-04T14:08:01Z
Bupati Toba, Poltak Sitorus

Toba.Internationalmedia.id.-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Toba melaksanakan Pembinaan Kelompok Kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) Bersinergi dengan PAUD  di Aula SMK Negeri 1 Laguboti, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Senin (4/12/2023).

Bupati Toba, Poltak Sitorus, yang hadir membuka kegiatan tersebut, menyoroti masih tingginya angka prevalensi stunting Kabupaten Toba.

"Angka prevalensi stunting kita masih diangka 7.35%. Dengan masih tingginya angka ini, usaha mewujudkan SDM unggul di Kabupaten Toba, sulit kita capai," ujar bupati.

Oleh karena itu, bupati mengatakan kegiatan lintas sektor seperti ini sangat baik, dalam percepatan penurunan stunting. 

Kepada peserta kegiatan, bupati menyampaikan tips mengasuh balita, yang sejalan dengan usaha penurunan stunting.

Bupati menekankan pentingnya memberikan makanan bergizi kepada anak. Orangtua berperan menentukan makanan yang boleh dikonsumsi anak.

"Berikan makanan bergizi. Jangan biarkan anak memilih makanannya, karena mereka tidak tahu kandungan gizinya. Orangtualah yang mengerti," terang bupati.

Selanjutnya doronglah balita melakukan kegiatan fisik untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Berikan juga kasih sayang dan perhatian dengan meluangkan waktu bermain dengan anak, lanjut bupati.

Selanjutnya perlu menerapkan disiplin yang positif, membangun rutinitas yang konsisten, serta mengajarkan nilai-nilai moral yang baik.

Selain itu perlu membatasi paparan media dan mengajak anak melakukan interaksi sosial dengan lingkungan luar.

"Ajak anak berinteraksi dengan lingkungan sekitar, jangan asyik dengan televisi dan gadget," pungkas bupati.

Sebelumnya, Kepala DPPKB, dr Juliwan Hutapea melaporkan kegiatan bertujuan meningkatkan kapasitas kader dalam upaya percepatan penurunan stunting di desa, dan penguatan kolaborasi dan sinergi lintas sektor.

Pada kesempatan ini, diserahkan BKB Kit Stunting untuk 20 desa. Kit stunting diantaranya terdiri dari alat permainan edukatif, buku bahan penyuluhan, dan media penyuluhan bagi orang tua. (MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update