Notification

×

Iklan

Iklan

Produk Sumedang di Batam ITT Expo 2023 Tuai Pujian

Jumat, 19 Mei 2023 | 14:45 WIB Last Updated 2023-05-19T07:45:15Z

Batam.Internationalmedia.id.-Produk unggulan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Sumedang yang dipamerkan pada even Batam International Invesment, Trade and Tourism  (ITT) Expo 2023  mendapat perhatian dan pujian dari para pengunjung. Salah satunya oleh Atase Perdagangan Indonesia di Singapura Billy Anugrah.

Menurut Billy, produk yang ditampilkan Kabupaten Sumedang pada even Batam ITT Expo sejauh ini sudah cukup baik. "Sudah cukup baik. Tingkatkan lagi produk pertaniannya karena sejauh ini sudah cukup menghasilkan. 

Selain itu, tingkatkan lagi produksinya, lalu kuatkan pemasarannya di dalam negeri, baru kemudian di luar negeri," ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, jika ada produk-produk baru yang akan diangkat, harus mulai dipasarkan atau diperkenalkan di domestik. "Jika untuk produk-produk segar mau diekspor ke negara manapun, pasti ada syarat khususnya. Karena ada penanganan terkait dengan kekarantinaan dan inspeksi pada produknya. Pokoknya sebelum melakukan ekspor, pahami dulu peraturan kekarantinaannya," katanya.

Acara yang digelar sejak Selasa, 16 Mei 2023 tersebut rutin tersebut merupakan even tahunan dengan menampilkan berbagai produk unggulan daerah, potensi wisata dan peluang investasi. 

Adapun produk unggulan Sumedang yang turut dipamerkan antara lain Batik Kasumedangan, Ubi Cilembu, Sawo Sukatali, Mangga Gedong Gincu, Kopi Sumedang, dan lain sebagainya. (mar)

×
Berita Terbaru Update