Notification

×

Iklan

Iklan

Pos Indonesia Perkenalkan Transformasi Layanan Keuangan Digital

Jumat, 19 Mei 2023 | 14:53 WIB Last Updated 2023-05-19T07:53:07Z

Bandung.Internationalmedia.id.-Bersama dengan Kementerian Perekonomian, Bank Indonesia kembali selenggarakan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) di JCC Jakarta pada 7-10 Mei 2023 lalu. 

FEKDI juga didukung oleh empat bank sentral negara ASEAN dan industri yang bergerak di bidang perekonomian. 

Penyelenggaraan FEKDI bertujuan untuk menampilkan inovasi produk layanan keuangan dan adanya sinergi kebijakan ekonomi keuangan digital yang telah berkembang di Indonesia. 

Acara dengan tajuk “Synergy and Innovation of Digital Economy: Fostering Growth” ini termasuk ke dalam rangkaian acara dari keketuaan ASEAN Indonesia 2023.

Acara yang diselenggarakan secara hybrid ini mencakup pembahasan dan diskusi mengenai perkembangan ekonomi dan keuangan digital oleh para pakar ekonomi dan akademisi. 

Sedangkan, inovasi keuangan digital yang ditampilkan oleh para pelaku industri ekonomi yang berpartisipasi dalam FEKDI berupaya untuk menyampaikan perkembangan literasi keuangan yang memberikan dukungan dalam pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Pos Indonesia sebagai partisipan yang turut andil dalam FEKDI 2023 menampilkan salah satu produk layanan keuangan yang secara nyata telah memberikan dampak positif terhadap keterpurukan ekonomi masyarakat yang diakibatkan oleh merebaknya pandemi Covid-19, Pos Giro Cash (PGC). 

Pos Giro Cash merupakan aplikasi berbasis android sebagai tools pembayaran yang dapat langsung mengirimkan konfirmasi ke basis data. 

PGC ini sendiri dilengkapi dengan fitur scan QR, face recognition, geo tagging yang kemudian ditampilkan pada dashboard sebagai laporan progress pekerjaan.

PGC berfungsi untuk menyalurkan pembayaran dari satu pihak ke pihak lainnya secara cepat, tepat, dan akuntabel hingga ke daerah 3T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal). 

Saat ini PGC aktif digunakan untuk mendistribusikan bantuan sosial pemerintah kepada masyarakat miskin yang termasuk dalam kriteria yang ditentukan oleh Kementerian Sosial. 

PGC sendiri bukan merupakan aplikasi yang dapat diakses secara umum, namun hanya dapat diakses oleh petugas yang telah ditunjuk secara resmi oleh Pos Indonesia sebagai juru bayar dalam pekerjaan distribusi pembayaran.

Pos Indonesia dalam FEKDI 2023 berkeinginan untuk menunjukkan keberhasilannya turut andil dalam partisipasi membangun ekonomi negeri melalui aplikasi digital PGC yang telah berperan dalam mendistribusikan jutaan bantuan kepada masyarakat dengan tingkat keberhasilan 90%. 

Momen selama berlangsungnya FEKDI 2023 ini kemudian diabadikan oleh Pos Indonesia dengan membagikan souvenir gratis berupa prangko PRISMA kepada para pengunjung yang telah tertarik terhadap peran Pos Indonesia dalam perkembangan perekonomian negeri, maupun aplikasi PGC yang diperkenalkan. 

Pos Indonesia terus bergerak maju dan terus berinovasi menyambut tantangan perkembangan zaman.**

×
Berita Terbaru Update