Notification

×

Iklan

Iklan

Jelang Mudik Lebaran, Pemda Sumedang Optimalkan Layanan LRT

Rabu, 05 April 2023 | 09:51 WIB Last Updated 2023-04-05T02:51:30Z

Sumedang.Internationalmedia,id,-Aplikasi berbasis online bernama Sumedang Lebaran Real Time (LRT) yang telah diterapkan di Kabupaten Sumedang kini dioptimalkan kembali pemanfaatannya untuk membantu para pemudik pada Lebaran 1444 H. 

Aplikasi tersebut menyuguhkan informasi penting bagi para pemudik yang memasuki wilayah Kabupaten Sumedang ataupun yang hanya melintasi Sumedang

Melalui alamat https://lebaran.sumedangkab.go.id/ para pemudik akan mendapatkan beragam informasi secara real time atau aktual meliputi informasi arus lalu lintas, lokasi rawan kemacetan, jalan alternatif, kondisi jalan, lokasi SPBU, lokasi bengkel atau pantauan CCTV langsung di sejumlah titik strategis.

Sekretaris Daerah Herman Suryatman mengatakan, Pemkab Sumedang berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, baik yang datang atau yang hanya melintasi wilayah Sumedang pada momen mudik Lebaran 1444 H.

"Diperkirakan tahun ini akan banyak warga yang mudik ke Sumedang, dimana mudik di tahun-tahun sebelumnya masih banyak pembatasan akibat pandemi Covid 19. Jadi kami ingin memaksimalkan pelayanan, sehingga momen mudik Lebaran dapat berjalan aman, nyaman, bahagia dan sehat," ujarnya.

Sekda juga menuturkan, berbagai persiapan dilakukan oleh jajaran Pemda Sumedang, mulai dari sumber daya manusia hingga sarana dan prasarananya, termasuk optimalisasi aplikasi "Sumedang LRT".

"Termasuk di dalamnya juga ada informasi nomor-nomor penting kedaruratan pada saat mudik, seperti nomor kontak kepolisian, medis, nomor kedaruratan bencana alam dan juga ada informasi seputar tempat oleh-oleh mudik, tempat wisata, bahan pokok dan informasi lainnya," terangnya.

Menurutnya, teknologi informasi yang diluncurkan menjadi salah satu instrumen dalam memberikan kemudahan masyarakat yang sedang melaksanakan mudik.

Ia menambahkan, selain SLRT, juga aplikasi WA Kepo berupa layanan informasi via WhatsApp untuk Kebutuhan Informasi dan Pelayanan Online (Wa Kepo).

"Masyarakat cukup mengetik pesan Whatsapp ke nomor 081122202220. Dengan aplikasi Wa Kepo ini, warga dapat dengan mudah mengakses informasi dan layanan publik di Kabupaten Sumedang seperti pariwisata, kuliner, layanan pemerintahan, UMKM. Kemudian potensi daerah, Mal Pelayanan Publik, dan layanan lainnya,” jelasnya.

Sekda berharap melalui aplikasi SLRT dan WA Kepo para pemudik dapat menjalani momen mudik dengan tenang dan nyaman saat melintasi wilayah Sumedang.

"Jadi para pemudik dapat dengan cepat mendapatkan informasi serta dapat dengan cepat mengambil keputusan pada saat melintasi wilayah Sumedang," pungkasnya.(rel)

×
Berita Terbaru Update