Notification

×

Iklan

Iklan

Diperiksa KPK Intensif, Wali Kota Bandung Kena OTT, Diduga Terima Suap Miliaran Rupiah

Sabtu, 15 April 2023 | 09:39 WIB Last Updated 2023-04-15T02:50:28Z
Wali Kota Bandung Yana Mulyana 

Jakarta.Internationalmedia.id.- Wali Kota Bandung Yana Mulyana kena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK), Jumat(14/4/2023) petang.

Yana diduga menerima  suap terkait pengadaan barang dan jasa di Kota Bandung miliaran rupiah.

Pengadaan barang dan jasa tersebut di antaranya dari proyek pengadaan CCTV dan jaringan internet dalam rangka Bandung menuju kota Bandung Smart City(BSC). Saat ini Yana Mulyana dan pihak yang ditangkap telah berada di Gedung Merah Putih KPK, kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, kepada wartawan, Sabtu (15/4/2023).

Ali mengatakan Yana dan beberapa orang lainnya yang ditangkap saat ini masih menjalani pemeriksaan. Seluruh pihak saat ini masih berstatus terperiksa dan statusnya bakal ditentukan usai pemeriksaan 1x24 jam.

"Berikutnya segera menentukan sikap 1x 24 jam setelah penangkapan tersebut. Perkembangan segera kami informasikan," tuturnya.

Suap Pengadaan CCTV

Diketahui, Yana Mulyana diduga menerima suap terkait program Bandung Smart City di antaranya pengadaan CCTV dan jasa penyedia jaringan internet. "Iya program Bandung smart city," ujar Ali.

Dari kwtwrangan lain diperoleh, Yana Mulyana diduga menerima suap dengan jumlah miliaran rupiah. Namun disebutkan bukti awal ditemukan ratusan juta saat OTTdan sangat mungkin terus bertambah.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan pihaknya mengamankan barang bukti sejumlah uang saat OTT. Uang yang diamankan dalam pecahan rupiah.

Aapa itu BSC

Konsep Bandung smart city ini bertujuan untuk mempermudah segala urusan dengan dukungan konektivitas tinggi dari pemanfaatan teknologi informasi (TI). 

Salah satu penerapan smart city di Bandung adalah layanan akses internet di ruang publik seperti taman-taman kota, tempat-tempat ibadah, seperti masjid, gereja dan lainnya. 

Tak terkecuali untuk mempercepat layanan pembayaran ongkos transportasi kota seperti angkot atau bus kota dan parkir melalui kartu pintar yang terintegrasi.

Bandung menjadi kota yang terpilih dari 8 kota yang sudah menerapkan Smart City, yakni Jakarta, Semarang, Denpasar, Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Banyuwangi dan Bandung. 

Konsep ini merupakan konsep dunia. Bahkan sebanyak enam kota dunia sudah menikmati keandalan smart city sejak 2019 yakni, Zurich, Oslo, Singapura, Beijing, Seoul dan Hong Kong.(Ter)

×
Berita Terbaru Update