Notification

×

Iklan

Iklan

Festival Budaya Puncak Harmoni Sumomo Nias Barat, Dibuka

Sabtu, 15 April 2023 | 11:57 WIB Last Updated 2023-04-15T04:58:44Z
Puncak Harmoni Somomo Desa Lologolu Kecamatan Mandrehe Nias Barat

Lahomi, Nias Barat.Internationalmedia.id.-Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Parbudpora) Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si, membuka secara resmi Festival Budaya, yang diselenggarakan di Puncak Harmoni Somomo Desa Lologolu Kecamatan Mandrehe Nias Barat, Sabtu(15/4/2023).

Festival Budaya ini digelar dalam rangkakaian perayaan Hari Ulang Tahun Ke-2 Puncak Harmoni Somomo yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 14 dan 16 April 2023.

Pembukaan ini, selain dihadiri Kadispudpora Kab. Nias Barat juga dihadiri Kadis Kominfo Kab. Nias Barat, Camat Mandrehe, Kepala Desa Lologolu, Ketua LBNB Kab. Nias Barat, Kontingen peserta festival dan ratusan warga masyarakat yang dating dari berbagai desa menyaksikan dengan antusias penampilan masing-masing kontingen.

Kadis Parbudpora Kabupaten Nias Barat April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Lologolu, khususnya pengelola Puncak Harmoni Somomo dan Panitia Festival Budaya, yang telah bekerja keras dan dengan kreatif telah menampilkan potensi lokal daerah.

Menurutnya, Pengembangan Pariwisata melalui Desa Wisata menjadi satu upaya yang strategis dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan daerah, dengan menjadi wadah lahirnya UMKM dan komunitas ekonomi masyarakat desa yang inovatif dan unik.

Puncak Harmoni Desa Lologolu sebagai Desa Wisata Terbaik Kabupaten Nias Barat, merupakan pilot project atau percontohan pengembangan desa wisata di Kabupaten Nias Barat, telah mampu memanfaatkan momentum ini melalui pelaksanaan kegiatan Festival Budaya, ujar April Imelda.

Ia lebih lanjut mengatakan bahwa untuk mengembankan suatu destinasi wisata dan desa wisata, dibutuhkan beberapa pembenahan, termasuk penyediaan fasilitas amenitas seperti kuliner, souvenir dan akomidasi serta jaminan keamanan dan ketertiban oleh Pemerintah Desa Lologolu.

Kegiatan Festival Budaya dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Ke-2 Puncak Harmoni Somomo yang dirangkai dengan launching tiket masuk secara resmi dibuka oleh Kadis Parbudpora Kabupaten Nias Barat ditandai dengan pemukulan gong.

Terlihat di sekitar lokasi pelaksanaan festival,  terdapat beberapa pondok dan tenda masyakat desa yang menyediakan makanan dan minuman ringan yang banyak diminati pengunjung yang hadir.(mahi)

×
Berita Terbaru Update