Notification

×

Iklan

Iklan

Komisi IV DPRD Jabar Ingatkan Dinas BMPR Jaga Kemantapan Jalan

Kamis, 09 Maret 2023 | 17:17 WIB Last Updated 2023-03-09T10:18:48Z

Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Daddy Rohanady 

Bandung.Internationalmedia.id.-Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Daddy Rohanady mengingatkan Pemprov Jawa Barat khususnya Dinas BMPR Jabar tentang pentingnya menjaga  kemantapan jalan dalam mendukung laju pertumbuhan ekonomi. Jalan yang rusak akan menghambat lajut pertumbuhan ekonomi.

Kalau jalan-jalan di Jawa Barat rusak, praktis laju pertumbuhan ekonomi juga tertahan. Atau dengan kata lain, jika kita membiarkan jalan rusak sama artinya dengan menghambat laju pertumbuhan ekonomi atau memperlambat kesejahteraan masyarakat, tegas Daddy yang juga Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jabar ini dalam suatu percakapan, Kamis(9/3/2023) di Bandung.

Hal ini diungkapkan Daddy merespon telah ditandatanganinya kontrak pekerjaan 63 Paket Pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan dan 9 Paket Pengawasan di Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR)  Provinsi Jawa Barat

Terkait 63 Paket Pemeliharaan Berkala Jalan ini, Daddy menyampaikan, jumlah paket pekerjaan tersebut baru sebagian kecil dari yang semestinya dilakukan. 

“Kalau kita pakai data 73% jalan provinsi yang umur teknis rencananya sudah habis, berarti ada sekitar 1.500 kilometer yang harus direkonstruksi,” jelas Dewan dari Dapil Jabar XII (Kabupaten Cirebon, Indramayu, dan Kota Cirebon) ini.

Daddy menguraikan, kalau satu paket panjangnya rata-rata hanya 3 km, berarti butuh setidaknya 250 paket pekerjaan.  “Jadi, 63 (paket-red) hanya sebagian kecil. Itu pun kalau semuanya rekonstruksi. Padahal 63 (paket) untuk pemeliharaan,” jelasnya.

“Bisa dibayangkan berapa jumlah alokasi anggaran untuk pemeliharaan n peningkatan jalan di Jabar. Masalahnya adalah kita punya fiscal gap yang menganga begitu dalam. Jadi, dengan sangat terpaksa semua niat baik itu dilakukan secara bertahap,” ungkap Daddy.

Prinsipnya, semua terpaksa disesuaikan debgan kemampuan keuangan. “Namun sekali lagi, semua tetap harus diikhtiarkan. Karena, jalan mantap ekonomi lancar,” papar Daddy yang dikenal akrab dengan wartawan ini

Untuk itu, Anggota Komisi IV yang membidangi infrastruktur ini, meminta Dinas BMPR Jabar melakukan pekerjaan pemeliharaan berkala jalan ini sebaik mungkin untuk menjaga kemantapan jalan.  

“Karena ini hanya sebagian kecil dari tugas pelayanan Jabar yang melekat di Dinas BMPR Jabar. Saya berharap Dinas BMPR (melalui para kontraktor) melakukannya (pemeliharaan berkala jalan-red) sebaik mungkin. Dengan dukungan anggaran yang ada, mestinya angka kemantapan tetap terjaga, jangan sampai turun, minimal tetap,” kata Daddy.(Ter)

×
Berita Terbaru Update