Notification

×

Iklan

Iklan

Setelah Berada 45 Jam dalam Hutan, Kapolda Jambi Berhasil Dievakuasi

Rabu, 22 Februari 2023 | 09:22 WIB Last Updated 2023-02-22T02:22:33Z
Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono berhasil dievakuasi

Jambi.Internationalmedia.id.- Setelah berada 45 jam di hutan lebat belantara, Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono beserta 7 personel lainnya akhirnya berhasil dievakuasi Tim Basarnas, Selasa(21/2/2023) petang.

Momen evakuasi berlangsung dramatis karena Irjen Rusdi meminta agar anak buahnya dievakuasi terlebih dulu. Kapolda Jambi mengutamakan anak buahnya atau anggota yang dievakuasi lebih dulu.

Padahal, kondisi prioritas beliau butuh penanganan khusus, jadi jangan sampai menghambat dan beliau mengutamakan anak buahnya dulu. Sementara, tim Polri dikejar tenggat waktu hingga pukul 20.00 WIB. 

Kemudian, kondisi Rusdi yang cukup parah,  dan proses evakuasi membutuhkan teknik khusus. Evakuasi Rusdi dilakukan dengan cara menurunkan tali dari helikopter ke darat, lalu korban diangkat menggunakan tali tersebut ke helikopter.

Namun, dengan berbagai macam pertimbangan, akhirnya diputuskan bahwa Rusdi dievakuasi belakangan, kata Kepala Biro Penmas Polri, Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan.

Kapolda Jambi beserta 7 personel lainnya telah berhasil dievakuasi dari kawasan hutan Desa Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi, lokasi emergency landing. Kemudian dibawa ke rumah sakit Bhayangkara, Jambi untuk perawatan lanjutan.

Adapun, rombongan Helikopter Kapolda tersebut adalah, Co Pilot AKP Amos Fredily, aide-de-camp atau ajudan Kapolda Jambi Briptu Aditya, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi Komisaris Besar Andri Ananta, dan Direktur Kepolisian Perairan dan Udara Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan. Kemudian, Korpspripim Polda Komisaris Jambi A Yani , Ajun Komisaris Ali, dan Aipda Susilo.

Sebelumnya diberitakan, helikopter Polri jenis Bell 412 SP dengan nomor Registrasi P-3001 yang ditumpangi Kapolda Jambi harus melakukan pendaratan darurat akibat kondisi cuaca di kawasan Hutan Tamia, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Ahad, 19 Februari 2023.

Saat kejadian Kapolda Jambi dalam perjalanan kunjungan kerja ke Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

Rusdi Hartono dan 7 personilnya mengalami kecelakaan helikopter dalam perjalanan dari Jambi menuju Kabupaten Kerinci pada Ahad, 19 Februari 2023. Helikopter yang mereka tumpangi melakukan pendaratan darurat di Bukit Tamia, Kerinci, Jambi. Akibat kecelakaan itu, Rusdi mengalami patah tulang tangan dan cedera tulang punggung.

Helikopter Bell 412 SP dengan nomor Registrasi P-3001 yang mengangkut Kapolda Jambi Inspektur Jenderal Rusdi Hartono dan tujuh jajarannya layak digunakan. 

“Yang jelas untuk helikopter yang digunakan kemarin oleh rombongan Kapolda sebenarnya heli dalam posisi perawatan layak digunakan. Sehingga cuaca buruk dilakukan perawatan darurat,” kata Kapolri Sigit dalam jumpa pers di Rumah Sakit Bhayangkara Jambi, Selasa, 21 Februari 2023.(Ter)

×
Berita Terbaru Update