Notification

×

Iklan

Iklan

Pilih Insole Sepatu yang Tepat, Sesuai Lekukan Telapak Kaki

Rabu, 22 Februari 2023 | 13:05 WIB Last Updated 2023-08-18T09:20:57Z

Picture by Sudip Ranjeet, Unsplash, https://unsplash.com/photos/LuXNIEPA4jQ
INTERNATIONALMEDIA.ID,- Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis alas kaki ini, yaitu sepatu. Selain menggunakan sendal, sepatu juga menjadi salah satu alas kaki yang sering digunakan. Berbeda dengan sendal, sepatu memiliki bagian seperti sol, hak, tali, kap, dan lidah. 

Perbedaan dengan sendal adalah sepatu difungsikan untuk menutup mulai dari jari kaki, lalu ke punggung kaki hingga bagian lutut yang dapat melindungi bagian kaki khususnya telapak dari berbagai benda yang bisa mencederai kaki. Sekarang, banyak sekali tipe dan jenis sepatu yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. 


Ada sepatu yang diperuntukan untuk acara resmi, santai, olahraga, kerja, bahkan hingga sepatu untuk kebutuhan penampilan seperti sepatu dansa.


Tahukah Anda? Bahwa alas kaki pertama kali ditemukan yaitu berupa sendal yang terbuat dari kulit sagebrush yang diperkirakan dari tahun 7000 – 8000 SM di Negeri Paman Sam tepatnya di Fort Rock Cave, Oregon pada tahun 1938. Lalu pada tahun 2008 di Armenia, ditemukan yang diyakini sepatu kulit tertua di dunia yang terbuat dari sepotong kulit sapi yang diikatkan dengan tali kulit yang memanjang di sekitaran bagian depan dan belakang dan diduga sepatu ini berasal dari tahun 3500 SM.


Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa jenis dan tipe sepatu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sepatu yang paling banyak digunakan adalah jenis sneakers, dimana jenis sepatu ini bisa digunakan sehari-hari, seperti sekolah, kuliah, atau untuk sekadar hang out bareng dengan teman. Pada sepatu ini, ada beberapa bagian yang harus Anda ketahui, seperti :


1.                Tongue (Lidah)

Terletak dibagian tengah sepatu yang memang mirip dengan bentuk lidah manusia yang ada di bagian tengan mulut, tongue akan memberikan kenyamanan pada kaki agar ketika Anda beraktifitas, kaki akan tetap merasa nyaman walaupun Anda mengikat tali pada sepatu dengan kencang.


2.                Shoe lace (Tali sepatu)

Terletak di atas lidah, tali sepatu berfungsi untuk mengencangkan sepatu di kaki Anda agar tidak mudah lepas. Sekarang, tali sepatu pun sudah tersedia dengan berbagai warna dan model agar pengguna menjadi lebih modis.


3.                Eyestay (Lubang tali)

Sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi untuk mengaitkan tali sepatu agar bisa diikat dengan rapi dan tidak terlalu panjang dan menggangu kenyamanan pengguna.


4.                Insole

Bagian ini adalah bagian dalam dari sepatu dan ini merupakan ukuran yang sesuai dengan panjang dari telapak kaki nantinya.


5.                Midsole

Anda akan menemukan midsole ini pada sepanjang sisi sepatu tepat di atas outersole. Midsole ini juga berperan memberikan kenyamanan.


6.                Outersol (Sole)

Terletak dibagian bawah sepatu berguna untuk keseimbangan dan penahan licin dengan tekstur bergerigi dan berntuknya yang seperti waffle.


7.                Toe Box

Bagian lubang yang biasanya untuk memberikan sirkulasi udara, namun tidak semua sepatu memiliki ini.


8.                Upper (Atas)

Biasanya Anda akan melihat sneakers dari bagian upper ini di mana letak design dan logo dari sepatu tersebut ada.


Dari ke delapan bagian sneakers yang sudah disebutkan, Anda harus lebih memerhatikan insole di mana bagian ini bisa menjadi peredam goncangan agar kaki tidak menahan beban berat, dan terutama yang gemar berolahraga. Lalu, bagaimana cara memilih insole sepatu yang tepat?


1.                Ukur kaki. Caranya dengan menggambar kaki di atas sehelai kertas, lalu cetak ukuran kaki dengan menggunakan pensil atau pulpen lalu tarik lurus panjang kaki dari sisi atas sampai bawah kaki dan tumit.


2.                Perhatikan ukuran sepatu dari berbagai negara dan cocokan dengan panjang kaki Anda karena ukuran sepatu di tiap negara berbeda.


Semoga sebelum Anda membeli baik offline atau online, jangan lupakan hal ini, ya! Tapi bagi Anda yang ingin membeli secara online seperti di Blibli, ada sneakers yang wajib banget masuk di koleksi yaitu converse. Hayo, ada tipe Converse incaran Anda di Blibli?

x

×
Berita Terbaru Update