Notification

×

Iklan

Iklan

Anggota Komisi IV: Kabupaten Cirebon Miliki 237 Jembatan Tapi Anggarannya Kecil

Selasa, 06 Desember 2022 | 09:01 WIB Last Updated 2022-12-06T02:01:09Z
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil XII (Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon dan Kabupaten Indramayu), Daddy Rohanady


Bandung.Internationalmedia.id.- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil XII (Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon dan Kabupaten Indramayu), Daddy Rohanady menyatakan, dari sepanjang 2.360,58 kilometer jalan milik Provinsi di Kabupaten Cirebon, 326 kilometer dikelola UPTD Wilayah VI.

Selain itu, Unit Pelaksana Teknis Daerah(UPTD) Wilayah VI juga mengelola 237 jembatan sepanjang 3.349 kilometer. Namun, bisa dibayangkan jika UPTD ini hanya diberi anggaran kecil saja. 

Hal ini disampaikannya seusai melakukan peninjauan ke daerah tersebut, Seinin,(5/12/2022) petang di Bandung.

Dikatakan, secara keseluruhan jembatan di Jabar adalah 1.295 dengan panjang total 16.485,9 kilometer. Banyak dari jembatan itu yang dibangun pada zaman kolonial Belanda. Artinya, umur jembatan itu pasti sudah di atas 50 tahun. 

Jika konstruksinya tidak "keren" dan pemeliharaan yang dilakukan tidak memadai, apa yang akan terjadi? Jembatan-jembatan ini pun membutuhkan biaya perawatan--yang bisa dipastikan biayanya tidak kecil.

Kondisi jalan milik provinsi secara keseluruhan yang sudah habis umur rencana teknisnya adalah 73%. Artinya, ada sekitar 1.500 kilometer jalan yang harus direkonstruksi. Ini butuh biaya.

Memang tidak mungkin hal itu dilakukan sekaligus dalam satu tahun anggaran. Volume APBD Provinsi Jabar tidak memungkinkan untuk itu. Namun, hal itu bisa dilakukan secara bertahap. Kuncinya adalah pada perencanaan yang matang dan konsistensi pada implementasinya,kata Daddy.(Ter)

×
Berita Terbaru Update