Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Toba Berikan Alat Bantu Kepada 31 Warga Disabilitas di 3 Kecamatan

Kamis, 20 Oktober 2022 | 06:56 WIB Last Updated 2022-10-19T23:56:36Z
Bupati Toba Poltak Sitorus bersama para penyandang Disabilitas

Toba.Internationalmedia.id.-Sebanyak 31 warga penyandang disabilitas dari Kecamatan Siantar Narumonda,Sigumpar, dan Silaen menerima alat bantu disabilitas dari Dinas Sosial yang diserahkan langsung oleh Bupati Toba Poltak Sitorus di Aula Kantor Camat Siantar Narumonda, Rabu (19/10/2022).

Penyerahan alat bantu bagi penyandang disabilitas merupakan bagian dari Kegiatan Rehabilitasi Sosial Dasar Penyandang Disabilitas Terlantar, Anak Terlantar, Lanjut Usia Terlantar, serta Gelandangan Pengemis di Luar Panti Sosial pada  Dinas Sosial Tahun 2022.

Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan bahwa penyerahan alat bantu disabilitas ke 3 (tiga) kecamatan sekaligus merupakan bentuk kehadiran pemerintah di tengah masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, Bupati Toba Poltak Sitorus menekankan kepada 31 warga penyandang disabilitas yang hadir agar tetap semangat dan berbuat baik terutama kepada diri sendiri karena kita berharga di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Bapak dan Ibu yang menerima alat bantu disabilitas, tetap semangat menjalani hari, dan tetaplah berbuat baik terutama kepada diri sendiri karena kita semua berharga di hadapan Tuhan. 

Setelah berbuat baik kepada diri sendiri, selanjutnya kita harus menebarkan kebaikan kepada keluarga, kemudian orang orang di lingkungan kita, ucap Bupati Toba.

Dikatakan, bentuk kebaikan sederhana yang bisa dilakukan yaitu dengan membuang sampah di tempatnya. Dengan membuang sampah pada tempatnya maka hidup akan lebih sehat,  lingkungan akan bersih, dan wisatawan akan datang berkunjung ke Kabupaten Toba.

Berdasarkan data Dinas Sosial, jumlah penyandang disabilitas yang terdata di Kabupaten Toba berjumlah 1.667 jiwa. Dalam laporannya, Tumpal Panjaitan sebagai Kabid Rehabilitasi Sosial Kabupaten Toba menyampaikan bahwa belum semua penyandang disabilitas di Kabupaten Toba terdata di Dinas Sosial, oleh karena itu diperlukan kerja sama perangkat desa untuk melakukan pendataan di desa masing-masing dan melaporkan ke Dinas Sosial.

Data tahun 2020 dari Biro Pusat Statistik (BPS), jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 22,5 juta, sedangkan di Toba jumlahnya masih 1.667 jiwa yang terdata. Oleh karena itu para perangkat desa tolong didata warganya dan dilaporkan ke Dinas Sosial, kata Tumpal.

Turut hadir, Plt. Kadis Sosial Sudirman Sirait, Plt. Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Camat Siantar Narumonda S. Evendi Marpaung, Camat Sigumpar Jaga Situmorang, Camat Silaen Moses Simanjuntak, Kabag Umum Samuel Lumban Raja, dan Kabag Prokopim Try Sutrisno Pandapotan Samosir. (MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update