Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Toba Minta BPD Ikut Terapkan Kepribadian "Batak Naraja"

Kamis, 20 Oktober 2022 | 07:06 WIB Last Updated 2022-10-20T00:06:44Z
Bupati Toba Poltak Sitorus saat menyerahkan SK pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji BPD Desa , dan BPD Pengganti Antar Waktu (PAW) periode 2021-2027

Toba.Internationalmedia.id.-Bupati Toba Poltak Sitorus meminta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai mitra dari kepala desa dalam menjalankan pemerintahan pembangunan dan pelayanan  kemasyarakatan,juga menampung aspirasi masyarakat sekaligus sebagai pengawas  di desa.

Kemudian BPD diharapkan ikut menyosialisasikan 4 prinsip Kepribadian  "Batak Naraja" di desa masing-masing.

Hal ini disampaikan Bupati Toba Poltak Sitorus dalam bimbingan dan arahannya pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji BPD Desa Tangga Batu II ,Kecamatan Parmaksian ,Desa Hutanamora, Kecamatan Lumban Julu (2022-2028), dan BPD Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Lumban Nabolon, Kecamatan Uluan (2021-2027).

Pelantikan tersebut  digelar di Aula Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Rabu (19/10/2022).

"Selamat dan sukses atas pelantikannya.Semoga momen yang baik dapat menambah  semangat dalam melaksanakan tugas sebagai amanah masyarakat dalam mewujudkan  pembangunan di Kecamatan Uluan, Lumbanjulu dan Parmaksian,"katanya. 

Bupati Poltak Sitorus juga memaparkan satu persatu dari 4 pilar Kepribadian Batak Naraja tersebut yaitu Marugamo (saling peduli),Maradat (santun) , Maruhum (mematuhi hukum) dan Marparbinotoan (berilmu pengetahuan)

Terutama dalam bidang pariwisata khususnya  dalam menyambut wisatawan harus dengan santun.  

BPD sebagai perpanjangan tangan pemerintah juga diminta berperan di tengah masyarakat untuk menekan inflasi dengan  mengajak masyarakat dengan program tanam dua kali panen dua kali dan  memanfaatkan pekarangan rumah bercocok tanam cabai , sayur , bawang merah  dan lainnya.

Kemudian agar BPD ikut mengajak masyarakat tanam serentak padi nanti pada bulan Desember 2022 , panen Juni dan tanam kedua kali  pada bulan Agustus 2023.Soal  kendala pupuk akan diajari masyarakat membuat pupuk organik.

"Turun ke masyarakat dan dengarkan aspirasi masyarakat, apa keluhan ,apa kebutuhan masyarakat dan sampaikan dalam rapat desa untuk dibahas bersama kepala desa ," katanya.

Pelajari lebih lanjut apa saja tugas-tugas  BPD ,nanti juga akan diajari PMD dengan aplikasi zoom meeting.

Hadir Kadis PMD PPA Henry Silalahi,Plt.Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar,Camat Uluan Antoni Doloksaribu ,Camat Lumbanjulu Besron Doloksaribu  , Camat Parmaksian Ronald Sirait,Kabag Prokopim Try Sutrisno P.Samosir.(MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update