Notification

×

Iklan

Iklan

Rakernas II Punguan Raja Marpaung Indonesia MARBONI 2022 Sepakati Program Kerja

Selasa, 20 September 2022 | 21:21 WIB Last Updated 2022-09-20T14:21:27Z
Ki-Ka:Gabriel Marpaung , Rommel Marpaung, Brigjen TNI (Purn) Rufbin Marpaung (Ketua Dewas), St. Kapler Marpaung (Ketua Umum), Eduard Marpaung dan St.Damaris Marpaung

Jakarta.Internationalmedia.id.-Punguan Pomparan Raja Marpaung  Indonesia-Dunia (MARBONI) selenggarakan Rapat Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS II MARBONI di Hotel Santika Bekasi Jawa Barat, Sabtu(10/9/2022). 

Agenda Rakernas II ini adalah untuk membahas dan mensyahkan Rencana Kerja Tahun 2022 dan 2023.  

Pengurus Harian DPP Marboni yang hadir di Hotel Santika Bekasi antara lain St.Kapler Marpaung (Ketum), St.Damaris Marpaung (Sekjen), Gabriel Marpaung (Bendum), Eduard Marpaung (Wasekjen), Jimmi Marpaung (Wasekjen) dan Rommel Marpaung (Waketum I).

Peserta  lainnya mengikuti  melalui online zoom. Badan Pengurus Harian lainnya yang turut mengikuti secara virtual antara lain Tunggul Marpaung – Batam ( Waketum II), St.Masinton Marpaung- Yogyakarta (Waketum III), St. Harrris Mahadi Marpaung – Bali (Wasekjen), dan para  anggota pengurus DPP lainnyaa serta Ketua-Ketua Wilayah Marboni turut mengikuti secara virtual.

Sebelum Rakernas dimulai, didahului dengan acara Webinar dengan topik : Eksistensi  Marpaung Clan Dalam Bela Negara” yang disampaikan oleh Ketua Dewan Pengawas Marboni Brigjen TNI (Purn) Rufbin Marpaung.  

Rufbin dalam makalahnya memaparkan tentang arti Bela Negara, eksistensi Marpaung dalam bela negara, sejarah ringkas Bangso Batak dan implementasi Bela Negara. 

Saat Rapat Kerja Berlangsung

Melalui webinar Rufbin mengajak keturunan Raja Marpaung di Indonesiaa dan Dunia supaya kembali menggelorakan semangat juang pendahulu-pendahulu Marpaung untuk di ikuti dalam berbangsa dan bernegara. 

Apa yanag disampaikan oleh Brigjen Rufbin diharapkan memberikan motivasi kepada generasi muda Marpaung, khususnya para pengurus DPP Marboni dapat berkarya untuk kemajuan Marpaung secara bersama-sama. 

Berkarya melalui Perkumpulan Marpaung Clan berarti, itu berarti sudah melaksanakan bela negara.

Sebelum penyelenggaraan Rakernas, masing-masing Ketua Bidang telah diminta menyusun program kerja  untuk periode 2022-2023, yang dikoordinir oleh para Wakil Ketua Umum sesuai dengan koordinasi bidangnya. 

Adapaun program Kerja Marboni telah dituangkan melalui  beberapa bidang yaitu Bidang Organisasi dan Pengkaderan/ Pemuda, Bidang Adat dan Budaya, Bidang Sosial, Bidang Humas dan Komunikasi, Bidang Hukum dan Pelayanan Masyarakat.

Kemudian, Bidang Pariwisata, Ekonomi Kreatif & Koperasi, Bidang Hubungan Dalam Negeri, Bidang Hubungan Luar Negeri, Bidang Pendidikan dan Kesenian, Bidang Kesehatan dan Pemberdayaan Perempuan, Bidang Kerohanian dan Bidang IT & Digitalisasi.

Ketua Umum Marboni, Kapler Marpaung dalam sambutan penutupnya mengajak  semua pengurus, khususnya para Wakil Ketua Umum, Kesekjenan, Perbendaharaan serta para Ketua-Ketua Bidang untuk benar-benar  mau memberikan waktu, pikiran, tenaga bahkan materi untuk kemajuan Marboni yang pada akhirnya akan memberikan manfaat kepada anggota Punguan. 

Menjadi pengurus MARBONI adalah pekerjaan sosial dan merupakan tanggungjawab sosial sebagai warga Marpaung. 

Sebagai pengurus harus benar-benar ada jiwa militan dalam memberikan kontribusi yang konkrit, bukan kontribusi yang semu yang namanya ada sebagai pengurus tetapi tidak memberikan karya yang berarti kepada MARBONI. 

Beberapa program kerja yang ditekankan oleh Ketua Umum Marboni misalnya masalah Kerjasama dengan group Gajah Tunggal melalui anak usahanya dalam pendirian usaha bengkel Motor yang diharapkan sudah mulai beroperasi dalam waktu dekat, untuk beberapa gerai/bengkel. 

Bidang Sosial juga menjadi satu program yang disepakati untuk betul-betul di gerakkan dalam membantu anggota yang meghadapi masalah-masalah sosial dan kemasyarakata. 

Ketua Umum Punguan Raja Marpaung Indonesia Marboni, St Kapler Marpaung

Demikian juga Bidang Hukum dan Pelayanan  Masyarakat. Bidang Organisasi dan Pengkaderan/Pemuda harus bergerak dinamis mengingat Marboni adalah organisasi yang baru berdiri. 

Demikian juga bidang Adat dan Budaya serta Bidang Pendidikan haruslah betul-betul memberikan warna kepada MARBONI. Pokoknya semua Bidang harus aktif berkarya, jangan nanti ada Bidang yang tidak berkarya sampai periode kepengurusan berakhir. Malu kita, tutup Kapler.

Kantor Hukum Marboni

Dalam kesempatan itu, disepakati akan dibentuk Badan Hukum Marboni atau Kantor Hukum Marboni yang akan berkantor di Sekretariat Marboni jalan Kesehatan Raya Jakarta Pusat.

Untuk sementara Kantor Hukum ini diperuntukkan pemberian dalam pembelaaan hukum bagi keluarga besar Marpaung di Indonesia yang akan dikoordinir Ketua Bidang Hukum Marboni, Adri Marpaung, SH.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapler menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada panitia Rakernas yang diketuai oleh St. Damaris yang telah terlaksana dengan baik.(*)

×
Berita Terbaru Update