Notification

×

Iklan

Iklan

Tebing Gunung di Toba Longsor, Jalan Macet dari Parapat Hingga ke Porsea

Minggu, 28 Agustus 2022 | 12:19 WIB Last Updated 2022-08-28T05:19:42Z
Tebing Gunung Janlinsum Desa Jangga Dolok yang Longsor

Toba.Internationalmedia.id.- Akses jalan di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba, sempat terputus total beberapa jam lamanya, mulai sekitar pukul 02.00 Wib, Minggu(28/8/2022). 

Hal ini diakibatkan hujan deras dan hampir merata yang turun di wilayah Kabupaten Toba mulai Sabtu (27/08/2022) petang sekira pukul 17.30 Wib hingga Minggu (28/8/2022) pukul 04.00 Wib.

Akibatnya gunung longsor dan menutup ruas jalan negara lintas Sumatera (Janlinsum).

Longsor gunung dari sisi sebah kanan Janlinsum membawa material lumpur bercampur bebatuan dan kayu pohon tumbang yang menutupi ruas badan Janlinsum sehingga mengakibatkan kemacetan total hingga puluhan kilometer.
 
Dari keterangan yang diperoleh dari warga sekitar lokasi kejadian Rudi Sitorus (41), menjelaskan terjadinya longsor dengan tiba-tiba terjadi saat curah hujan malam itu masih deras hingga menutupi badan ruas Janlinsum. 
 
Jalan Lintas Sumatera(Jalinsum) macet total mulai dari Parapat Hingga ke Porsea

Dikatakan, kejadiannya sekitar pukul 02.00 Wib. Saat itu saya mendengar suara gemuruh reruntuhan sontak saya langsung keluar dari rumah untuk mengeceknya dan ternyata gunung disisi kanan Janlinsum sudah longsor dan macet kendaraan sudah panjang.
 
Saat peristiwa terjadi, Wakapolres Toba Kompol Lamin SPd, langsung turun ke lokasi bersama anggota, untuk melakukan pengamanan dan pembersiha material tanah longsor dari ruas jalan dengan menurunkan dua unit alat berat.
 
Beberapa warga sekitar yang berhasil dihimpun tim Kepolisian Polres Toba menyatakan, hujan sudah turun mulai dari sore hingga malam hari, namun curah hujan yang paling deras dan turun secara bertahap dengan waktu panjang di malam harinya (Sabtu malam).

Akibat curah hujan deras dan berkelanjutan hingga pagi subuh sekitar pukul 02.00 Wib dini hari malam mengakibatkan tebing pegunungan sebelah kanan Janlinsum ini longsor.

Pembersiha material tanah longsor dari ruas jalan dengan menurunkan dua unit alat berat dengan kawalan Polres Toba

Tanah yang longsor menutupi ruas badan Janlinsum hingga mengakibatkan macet total terjadi mulai dari Parapat hingga ke Porsea, kata Wakapolres (Minggu/28/8/2022).
 
Dikatakan, untuk mengatasi berbagai material banjir longsor tebing pegunungan pihaknya meminta pertolongan dengan menurunkan 2 unit alat berat beko dan sudah diturunkan di lokasi, untuk pembersihan material longsor.
 
Mulai pukul 08.00 Wib, jalan sudah bisa dilalui dengan sistem buka tutup namun kendaraan tetap diminta berhati hati karena jalan sangat licin akibat sisa lumpur longsoran jalan.
 
Sebelumnya akibat kejadian bencana alam longsor tersebut sudah ada seribuan lebih kendaraan berhenti antri dengan memanjang dan berlapis mulai dari titik lokasi kejadian ke arah Parapat- Medan demikian juga dari Lokasi kejadian ke arah Porsea - Balige. 
 
"Berbagai upaya yang telah kita lakukan dengan dibantu warga sekitar semoga secepatnya jalan bersih dan sitaus kembali akan berjalan dengan normal kembali," ujar Kompol Lamin SPd.
 
Untuk pembersihan material longsoran gunung turut serta dibantu dan dilakukan Plt Camat Lumbanjulu Herta Simanjuntak, Kapolsek Lumbanjulu AKP Robinson Sembiring dan jajaran personil Polsek Lumbanjulu, anggota Koramil 12 Lumbanjulu dan juga dibantu masyarakat sekitar.
 
Akibat longsor, tidak ada korban jiwa namun berjarak sekitar +_ 200 meter dari lokasi kejadian ada satu unit rumah permanen diterjang badai banjir sungai dan longsoran material gunung hingga membuat rumah tersebut hancur 90%.

Hal ini diakibatkan rumah berada persis berdekatan di tepian sungai pada jembatan ruas Janlinsum desa Jangga Dolok.(Ung)

×
Berita Terbaru Update