Notification

×

Iklan

Iklan

Pagelaran Malam Budaya Indonesia KBRI Maputo Sukses Memukau Para Penonton

Selasa, 19 Juli 2022 | 13:14 WIB Last Updated 2022-07-19T06:14:51Z

Jakarta.Internationalmedia.id.-Bertempat di Ilulifemo Chongoene Resort, KBRI Maputo kembali memboyong Angklung dan Tarian Nusantara ke hadapan 85 tamu undangan yang dihadiri oleh Gubernur Gaza Madam Margarida Esperança Mapandzene serta para Kadin setempat.

Juga, petinggi partai dan pengusaha lokal pada acara jamuan yang bertajuk "Indonesian Cultural Night", malam budaya Indonesia di distrik Chongoene, kota Xai-Xai, Provinsi Gaza di Utara Mozambique (16/07/22).

Duta Besar RI Maputo, dalam sambutannya mengemukakan bahwa dengan diselenggarakannya acara malam budaya Indonesia di distrik Chongoene, kota Xai-Xai akan lebih memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada para tamu undangan. 

Terlebih, dengan sudah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Mozambique telah berjalan, maka sudah waktunya bagi kedua negara untuk lebih dapat meningkatkan hubungan melalui people-to-people dan business-to-business contacts, terutama dalam mencermati potensi nilai perdagangan dan ekonomi bilateral kedua negara yang masih perlu ditingkatkan khususnya dengan telah diberlakukannya Preferential Trade Agreement (PTA) Indonesia dan Mozambique pada tahun 2021.

Melengkapi hal itu, melalui pertunjukan seni dan budaya juga diharapkan akan dapat memperdalam pemahaman budaya kedua negara guna mendekatkan hubungan antar masyarakatnya.

Dalam jamuan makan dan sesi diskusi, para tamu undangan yang hadir dihibur melalui pertunjukan tarian Nusantara seperti, Tarian Kembang Kipas dari Betawi, Jali-Jali dari Betawi dan Tarian Papua yang ditampilkan oleh para remaja Mozambique hasil kerjasama dengan Pusat Budaya Indonesia KBRI Maputo. 

Para hadirin pun juga diajak untuk mengenal dan belajar memainkan lagu-lagu Indonesia dan Mozambique menggunakan instrumen alat kesenian tradisional Angklung yang dipandu staf KBRI Maputo. Diharapkan dengan mengenal alat kesenian tradisional Angklung tersebut, kiranya dapat menjadi penanda bagi mereka untuk dapat terus mengingat akan Indonesia sehingga ingin mengenal lebih jauh dan sebaliknya. 

Guna memeriahkan acara, turut ditampilkan juga video Wonderful Indonesia dalam rangka memperkenalkan Indonesia yang terdiri dari Jakarta, Aceh, Kalimantan serta Papua yang memukau dan mempesona para tamu undangan yang hadir.

Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata berupa kain tradisional batik oleh Duta Besar RI Maputo kepada Gubernur Provinsi Gaza sebagai tanda kenangan dan bentuk simbolis yang memiliki kemiripan dengan kain khas Mozambique yakni Capolana.(marpa)

×
Berita Terbaru Update