Notification

×

Iklan

Iklan

Horas, Punguan Parsahutaon “SEPAKAT” Sarijadi Bandung Gelar Pesta Bonataon 2022

Selasa, 26 Juli 2022 | 17:45 WIB Last Updated 2022-07-26T10:45:59Z
Pendeta Lilis Suriyani saat berkotbah

Bandung.Internationalmedia.id.- Punguan Parsahutaon (Perkumpulan Warga-suku Batak) “SEPAKAT” Sarijadi Bandung gelar Pesta Bonataon (awal tahun) dan sekaligus pelantikan Kepengurusan SEPAKAT periode 2022-2026 di Gedung Pusdiklat Pos Sarijadi Bandung, Minggu(24/7/2022).

Pesta Punguan Parsahutaon SEPAKAT yang sudah berdiri sejak tahun 1982 ini seyogianya diselenggarakan 2 tahun lalu, namun karena Pandemi Covid-19 melanda dunia khususnya Indonesia, pesta tertunda dan baru bisa digelar setelah pandemi mereda.


Pengurus yang mau dilantik

Pelantikan dilakukan Koordinator Penasehat Sepakat, Drs Lyster Marpaung/br Sinaga dan R Tampubolon/br Rajagukguk serta Ir Bilpen Nainggolan,MH/br Simanjuntak mewakli Penasehat. 

Sebelum acara pelantikan dilaksanakan terlebih dahulu diselenggarakan Kebaktian yang dipimpin Pendeta Lilis Suryani dari HKBP Jl RE. Martadinata Bandung. Acara ini mengambil tema:"Hidup Rukun Itu Baik dan Indah"(Mazmur 133:1-3) dipandu Ny Johan Teng Tiolintan br Simanungkalit ini diselingi dengan Koor Gabungan Parsahutaon.

Kemudian dilanjutkan dengan kata-kata sambutan dari  Ketua Panitia yang disampaikan, BN Silaen/br Sitorus. Mewakili dari anggota disampaikan Mayjen TNI Pur Sakkan Tampubolon/br Napitupulu dan mewakili Penasehat disampaikan Koordinator Penasehat, Drs Lyster Marpaung/br Sinaga serta kata sambutan dari Ketua terpilih, Ir. Arnes Nainggolan/br Sihombing.


Para Penasehat

Acara syukuran Bonataon ini berjalan meriah karena dalam mengawali acara pelantikan pengurus “manortor” bersama pengurus baru dan penasehat diiringi musik/gondang dibawah pimpinan Sibuea.

Acara ini luar biasa menariknya karena warga Sepakat seolah-olah berada di Bona Pasogit baik cara manortor dengan lagu-lagu khas batak. Sepertinya mereka mengeluarkan ”dendam”nya karena pandemic Covid-19 selama 2 tahun ini menghadang kegiatan. 

Sehingga warga tersebut tidak bisa mengekspresikan diri lewat tor-tor dengan lagu-lagu khas bataknya.

Pada puncak acara digelar tortor per dua wilayah masing-masing membawa satti satti( bambu berdaun uang) yang akan diserahkan ke panitia. Namun uang tersebut tidk diserahkan begitu saja harus diminta dengan cara manortor juga yang berdurasi setengah jam.

Siap-siap mau manortor dengan bambu berdaun uang (Satti satti)

Bukan hanya manortor penyerahan bambu berdaun uang itu saja. Sebelumnya ada pengundian doorprize dan tarian torotor dari remaja. Dan mengakhiri acara digelar juga tortor khusus anak remaja dan anak-anak. 

Acara ini berjalan dengan baik dan tertib, berpakaiannya juga cukup rapih, wanitanya pakai kebaya dan kaum bapaknya memakai jas serta batik. Selain itu, protokol kesehatan tetap dijaga. Semua peserta pakai masker.

Tampak juga organisasi Pemuda Batak Bersatu(PBB) Kecamatan Sukasari yang diketuai Sidabutar turut berpartisipasi, manortor dengan satti-sattinya. Kemudian lagu wajib, “O Tano Batak”.

Sepakat adalah organisasi yang bersifat sosial dan merupakan salah satu wadah untuk keluarga Batak untuk meningkatkan pelayanan social di tengah-tengah anggota Sepakat.

Sedang mengikuti acara

Sepakat juga menciptakan pemikiran dan rasa kemanusiaan di bidang social yang berwujud ”Ringan Sama Di Jinjing, Berat Sama Di Pikul”. Dengan nelaksanakan adat berdasarkan Dalihan Natolu.



Adapun Susunan Kepengurusannya sebagai berikut:
Penasehat:
1.Drs Lyster Marpaung/br Sinaga(Koordinator)
2.Profesor.RM Sinaga/br Siregar(+)
3.H Lumban Raja/br Purba(+)
4.R Tampubolon/br Rajagukguk
5.Ir Bilpen Nainggolah MH/br Simanjuntak

Pengurus Harian
1. Ketua : Ir Arnes Naingolan/br Sihombing
2. Wkl Ketua : Ir D Tobing,MSc/br Sitompul
3. Sekretaris : Ny HD Manullang be Hutabarat
4. Bendahara 1 : Ny.M Girsang br Sitanggang
5. Bendahara 2 : Ny JP Butarbutar/br Simorangkir

PBB bersama BN Silaen pemandu acara

Seksi Adat
1.BN Silaen/br Sitorus(Koordinator)
2.M Panjaitan/br Sirait
3.Ir Halasan Simangunsong/br Silalahi
4.R Butarbutar/br Pardosi

Seksi Rohani
1. E Girsang,SH/br Sianipar(Koordinator)
2. Ny M Huatahaean br Napitupulu
3. St S Manullang/br Lumban Raja
4. Ny D Nainggolan br Panggabean

Koordinator Arisan
1. Ketua : Ny M Purba br Pangaribuan
2. Wkl Ketua : Ny JP Butarbutar br Simorangkir

Seksi Sosial
1. Ny BPK Sinambela br Siregar(Koordinator)
2. Ny T Silitonga br Sihite
3. Ny B Siahaan br Panjaitan
4. Ny Tampubolon br Silitonga.


Para Remaja Manortor

Komisaris Wilayah 1 – 7 masing-masing, Ny D Sitorus br Tambun, Ny Sihombing br Nainggolan, Ny JP Butarbutar br Simorangkir dan Ny SL Tobing br Tarihoran. Kemudian,  Ny M Hutahaean Nursalam br Napitupilu, Ny A Nainggolan br Sihombing dan Ny Pasaribu br Situngkir. Ny Tampubolon br Silitonga serta Sektor Jauh(7) diurus semuat pengurus Inti.(lysmar)

×
Berita Terbaru Update