Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Toba Apresiasi Kaum Ibu Ikuti Pelatihan Kewirausahaan dan Kehidupan Keluarga

Senin, 04 Juli 2022 | 18:36 WIB Last Updated 2022-07-04T11:36:35Z
Bupati Toba Poltak Sitorus bersama kaum Ibu peserta pelatihan

Toba.Internationalmedia.id.-Bupati Toba Poltak Sitorus mengapresiasi warga, khususnya kaum ibu yang tekun  menggeluti usaha keluarga untuk menambah pendapatan keluarga. 

Hal ini disebutkan Bupati Poltak Sitorus  didampingi Pj. Sekdakab Toba Augus Sitorus pada Kegiatan Pelatihan Kiat Sukses Kewirausahaan dan Kehidupan Keluarga oleh PT.Toba Pulp Lestari(TPL) yang digelar di Sopo Partungkoan,Pondok Bina Tani, TPL di Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Senin 4 Juli.2022.

Salah satunya Kurniara Simanjuntak, Ibu rumah tangga dari Desa Banjar Ganjang, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba ini sukses dengan usaha yang ditekuninya yaitu budi daya maggot atau larva dari  lalat black soldier fly (BSF). 

Maggot ini kemudian diolah menjadi makanan ternak yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi  yang cocok diberikan untuk ternak  ayam,itik ,dan ikan lele.

Untuk budidaya maggot ini ,bahan yang diperlukan adalah sampah-sampah organik. Ia sendiri setiap hari memperoleh 50 kg sampah organik dari pasar Porsea.

Selain itu puluhan peserta lainnya yang ikut memamerkan produk adalah produsen minuman dan makan ringan, kopi, penjahit baju,perajin ulos,dan perajin kursi sofa dari bahan-bahan bekas.

Bupati Poltak Sitorus juga mengimbau para pelaku usaha ini yang bergabung dalam kelompok usaha mikro kecil menengah ini untuk dibina Dinas Perindagkop UMKM Kabupaten Toba.Misalnya diajari menjual secara online agar semakin luas pemasarannya.

Selanjutnya tim dari Yayasan Dr. Sjahrir yang dipimpin Dr. Nurmala Kartini Panjaitan Sjahrir didampingi Amanda Katili, pH.D, dan Tantri  memberikan arahan , pelatihan dan membuka ruang diskusi bagi peserta .

Yayasan yang bergerak dalam pengembangan pendidikan, kesehatan masyarakat, dan kelestarian lingkungan ini sebelumnya juga sudah memberikan pelatihan-pelatihan secara daring pada masa pandemi Covid-19.

Nurmala Kartini Panjaitan Sjahrir mengungkapkan bahwa hidup sebagai perempuan itu sangat menarik. Penguatan ketahanan pangan juga pasti melibatkan kaum ibu.

Disebutkan bahwa tidak mudah mengembangkan UMKM di Toba tapi bukan tidak mungkin. Ia memberikan semangat UMKM Kabupaten Toba pasti bisa berkembang, dimana ada kemauan di situ ada jalan.

Pihak TPL melalui Komisaris Utama Ignatius Purnomo juga menyebutkan  pelatihan ini merupakan kontribusi nyata  perusahaan Toba Pulp Lestar untuk  tumbuh berkembang bersama masyarakat.

Bagaimana kita bersama memberdayakan masyarakat khususnya kaum perempuan.

Selanjutnya, Pemkab Toba memberikan penghargaan berupa ulos dan cindera mata kepada Nurmala Kartini Panjaitan Sjahrir dan rombongan. Komisaris tama TPL Ignatius Purnomo juga turut diberikan ulos.

Turut hadir jajaran manejemen  TPL Jusuf Wibisono, Ramida Siringoringo, Jerry Tobing, Staf Ahli Bupati Toba, para Asisten, Plt.Kadis Perindagkop Salomo Simanjuntak, Camat Parmaksian Paiman Butarbutar, Kabid PIKP Diskominfo ,Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno Pandapotan, dan lainnya. (MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update