Notification

×

Iklan

Iklan

Kemenlu Peringkat Ke-2 Nilai Kinerja Anggaran Terbaik Kategori Kementerian Negara/Lembaga 2021

Kamis, 14 April 2022 | 09:22 WIB Last Updated 2022-04-14T02:22:07Z

Jakarta.Internationalmedia.id.-Kementerian Luar Negeri berhasil meraih penghargaan atas kinerja anggaran Tahun Anggaran 2021 dengan Nilai Kinerja Anggaran sebesar 96,22 Predikat “Sangat Baik."

Perincian nilai Evaluasi Kinerja Anggaran pada aplikasi SMART sebesar 96,61 (bobot 60%) dan nilai IKPA 95,64 (bobot 40%). 

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Menteri Keuangan kepada Menteri Luar Negeri pada Rakornas Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022 dengan tema Spending Better : Mewujudkan Ketahanan Fiskal. (13/4/21)

Capaian ini menempatkan Kemlu pada peringkat ke-2 Nilai Kinerja Anggaran Terbaik untuk kementerian negara/lembaga dalam kategori pagu sedang, naik secara signifikan dari peringkat 11 di tahun sebelumnya. 

Prestasi ini dikukuhkan pula dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) RI Nomor 58/KMK.02/2022 tentang Penetapan Kementerian Negara/Lembaga yang Diberikan Penghargaan atas Kinerja Anggaran Kementerian Negara/Lembaga TA 2021.

Menteri Keuangan dalam keynote speechnya menyampaikan bahwa APBN adalah sebuah instrumen penting dalam mencapai tujuan bernegara, yang harus responsif dan adaptif terhadap berbagai tantangan dan dinamika global. 

Pada tahun 2022 dunia masih menghadapi tantangan pandemi COVID-19 dan situasi perang di Ukraina yang sangat berdampak pada kondisi perekonomian secara global maupun nasional. 

Untuk itu Kementerian/Lembaga harus dapat mendesain dan memanfaatkan APBN secara dinamis dan fleksibel agar dapat mengawal prioritas pemulihan ekonomi nasional dan menghasilkan output dan outcome yang dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Menteri Keuangan mengapresiasi komitmen kementerian/lembaga dalam mengelola APBN untuk tercapainya tujuan pembangunan nasional dan mendorong agar kementerian/lembaga terus memperbaiki kinerja anggaran melalui perencanaan, pelaksanaan, monev dan pertanggungjawaban anggaran yang berkualitas serta berorientasi pada hasil.   

Apresiasi kepada seluruh unit organisasi Pusat dan Perwakilan RI di luar negeri atas dukungan kinerja anggaran yang optimal sehingga mengantarkan Kemlu memperoleh prestasi yang sangat baik ini. 

Di tahun anggaran 2022 Kemlu terus berkomitmen agar pelaksanaan program dan kegiatan on-track untuk mencapai target output dan outcome yang telah ditetapkan.(lysmar)

×
Berita Terbaru Update