Notification

×

Iklan

Iklan

Resmi Beroperasi, Fasilitas Komersial Promosi Kopi dan Coklat Indonesia di Prefektur Kagawa, Jepang

Selasa, 29 Maret 2022 | 11:21 WIB Last Updated 2022-03-29T04:21:51Z

Jakarta.Internationalmedia.id.-Cita rasa dan harumnya kopi serta kelezatan coklat Indonesia semakin luas menjelajah Jepang. 

Berbagai jenis biji kopi maupun kakao dari 8 pulau Indonesia, yaitu Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Kepulauan Nusa Tenggara, dan Papua, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat setempat. 

Hal ini menjadi salah satu peluang yang diambil oleh Sunnyside Fields Kagawa, sebuah fasilitas komersial yang diresmikan oleh Konjen RI Osaka, Diana Sutikno, bersama Gubernur Kagawa, Mr. Keizo Hamada, dan beberapa pemangku kepentingan terkait lainnya, pada Sabtu (26/03/2022). 

Sunnyside Fields merupakan Multipurpose Commercial Facility dan area rekreasi keluarga Kota Manno, Prefektur Kagawa, Jepang, yang terdiri dari berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat. 

Salah satu fasilitasnya menyajikan beragam jenis craft coffee dan olahan coklat yang yang secara khusus diimpor dari Indonesia. Kopi dan coklat tersebut diolah dengan sentuhan kearifan lokal Jepang.

“Saya berterima kasih dan merasa bangga atas keberadaan suatu fasilitas komersial di Jepang Barat, yang secara eksklusif menyajikan produk-produk kopi dan coklat dari Indonesia," ujar Konjen Diana. 

Dikatakan, bahwa adanya kopi dan coklat Indonesia di Sunnyside Fields Kagawa dapat menjadi sarana dan upaya promosi Indonesia yang efektif. 

Gubernur Keizo Hamada menyambut baik peresmian Sunnyside Fields sebagai pintu awal promosi Indonesia di Kagawa yang dapat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, kebudayaan, pertanian, dan pendidikan. 

“Peran aktif Pemerintah Indonesia dalam memajukan kerja sama dengan Prefektur Kagawa di segala bidang  sangat kami apresiasi. Saya sangat senang atas kehadiran Indonesia melalui kopi dan coklatnya di tengah masyarakat Kagawa. Sehingga asimilasi dapat terjadi dengan baik dan menciptakan kerja sama yang menguntungkan," kata Gubernur Hamada. 

Pemilik Sunnyside Fields, Mr Tada Shohei, menyampaikan, “Sunnyside Fields yang berkonsep suasana alami dekat dengan alam mengingatkan saya atas keramahan masyarakat dan suasana hijau Indonesia." 

Ia menambahkan dengan paduan buah-buahan dan sayuran organik yang ditanam di sekitar area tersebut, serta sajian kuliner tradisional Jepang, menambah kesan eratnya hubungan Indonesia dan Jepang. 

Peresmian Sunnyside Fields tidak lepas dari kesepakatan penandatanganan kontrak kerja sama yang dilaksanakan April 2021 di kantor ITPC Osaka antara Mirza Management pimpinan Mr. Koichi Yasogawa bersama PT. Arumia Kharisma Indonesia dan disaksikan oleh Konjen RI Osaka dan Kemendag untuk mengimpor biji kopi dan biji kakao dari Indonesia secara bertahap sejak tahun 2021. 

Langkah awal tersebut berbuah manis yang turut menyumbang surplus kinerja perdagangan Indonesia dengan Jepang hingga saat ini. 

“Saya juga sangat mengapresiasi Mr. Koichi Yasogawa atas rasa cintanya terhadap kopi Indonesia yang sudah timbul sejak 25 tahun lebih, dan juga putranya seorang chocolatier yang menyulap kakao Indonesia menjadi cantik dan tentunya bercita rasa lezat," tambah Konjen Diana.

Acara peresmian dihadiri lebih dari 100 undangan pejabat kota setempat, jajaran Kagawa Japan Indonesia Friendship Association, para pelaku usaha hingga perwakilan dari pusat perbelanjaan ternama Jepang AEON dan Mitsukoshi Takamatsu Kagawa. 

Para tamu undangan sangat menikmati sajian kopi dan kakao Indonesia yang diakuinya memiliki rasa yang berbeda dibanding kopi dan kakao lainnya yang sudah ada di Jepang. 

KJRI dan ITPC Osaka senantiasa mendukung kebijakan Pemerintah RI dalam memperkuat kinerja ekspor Indonesia di wilayah kerja, termasuk dengan memperkenalkan dan melakukan kegiatan akses market secara ekstensif bagi produk-produk ekspor unggulan Indonesia.

Seperti halnya kopi, coklat, herbal, produk pangan olahan tempe dan bumbu olahan dan rempah Indonesia kepada berbagai kalangan, baik pelaku usaha, pihak pemerintah daerah maupun kalangan diplomatik.(lysmar)

×
Berita Terbaru Update