Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Minta Penerangan Jalan Umum dan PLTS Rooftop Dibangun di Samosir

Rabu, 09 Maret 2022 | 15:22 WIB Last Updated 2022-03-09T08:22:36Z
Bupati Samosir,Vandiko T. Gultom bersama rombongan di Kementerian ESDM RI, di Jakarta


Samosir.Internationalmedia.id.- Bupati Samosir,Vandiko T. Gultom meminta dukungan Kementerian ESDM untuk pembangunan PLTS rooftop pada Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial (Fasum-Fasos) di Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir telah menyerahkan proposal permohonan bantuan bantuan tersebut ketika melakukan audiensi dengan Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM RI, di Jakarta, Selasa (8/3/2022). 

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom yang didampingi Staf Ahli Bupati, Kepala Bappeda, Plt Kadis PUTR, diterima oleh Sekretaris Dirjen EBTKE Syahid Jumaidi.

Adapun kunjungan Bupati Samosir bersama tim adalah tindak lanjut kunjungan Presiden RI pada Februari silam dan untuk percepatan 10 program unggulan Pembangunan Daerah Kabupaten Samosir. 

Kunjungan ini juga adalah bentuk sinergitas dan sinkronisasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dalam hal peningkatan kualitas dan kuantitas destinasi pariwisata di Kabupaten Samosir.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Vandiko memaparkan kebutuhan-kebutuhan Kabupaten Samosir khususnya yang berhubungan dengan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, seperti kebutuhan Penerangan Jalan Umum (PJU), Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS), dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop untuk kantor-kantor pemerintahan di Samosir. 

Untuk mewujudkan Visi Pembangunan Kawasan Danau Toba dan sekitarnya sesuai dengan Integrated Tourism Master Plan (ITMP) for Lake Toba yaitu Pariwisata, Membangun dan Memajukan Tanah Leluhur.

Oleh dan Bagi Seluruh Masyarakat dan pencapaian Program Prioritas Sub Sektor Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan dibutuhkan sinergitas dan sinkronisasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dalam hal meningkatkan kualitas dan kuantitas destinasi pariwisata di Kabupaten Samosir Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPnSP) Danau Toba, jelas Bupati Vandiko.

Sekretaris Dirjen EBTKE Syahid Jumaidi menyambut baik paparan Jajaran Pemkab Samosir, dan akan menampung usulan-usulan Pemkab Samosir tersebut untuk dimasukkan kedalam rencana anggaran Kementerian ESDM. 

Dijelaskan juga pada tahun 2022 ini akan dilaksanakan Pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) sebanyak 100 titik di Kabupaten Samosir.(Ung)

×
Berita Terbaru Update