Notification

×

Iklan

Iklan

Komisi IV Apresiasi, Tahun ini Tol Cianjur-Bandung Dibangun

Sabtu, 19 Februari 2022 | 21:17 WIB Last Updated 2022-02-19T14:17:50Z
Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Daddy Rohanady

Bandung.Internationalmedia.id.-Pembangunan jalan tol Cianjur-Bandung ditargetkan mulai berjalan di tahun ini. 

Pemerintah Kabupaten Cianjur pun mulai melalukan persiapan untuk mendukung program pembangunan pemerintah pusat itu.

Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Daddy Rohanady mengapresiasi rencana pembangunan jalan tol tersebut karena di samping akan mempelancar perjalanan juga dapat mempersingkat jarah tempuh, katanya di Bandung, Sabtu(19/2/2022).

Dikatakan, sampai saat ini Tol Bocimi belum rampung total. Jadi, mari kita tunggu lebih dulu tol penghubung Bogor-Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 km itu rampung.

Setelah Bocimi tuntas, ada dua arah sebagai kelanjutannya. Ke kiri berarti ke arah Cianjur. Ada pula ke kanan, yakni arah Palabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi, tambahnya.

Jika kita mejanjutkan ke kiri, masih menurut Daddy, bearti mengikuti blue print di BPJT. Itu berarti akan menghubungkan Kota Sukabumi-Cianjur-Padalarang (Sukacipa).

Dengan semua tol itu pasti akan menambah banyak destinasi wisata baru yang kian terkuak. Akses ke semua destinasi itu makin mudah sehingga makin singkat pula waktu tempuhnya,tambahnya.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Cianjur, Agus Indra, saat ini proses pembangunan baru masuk dalam penyusunan Detail Engineering Design (DED).

Menurutnya, untuk DED belum bisa dipastikan akan selesai kapan, mengingat langsung dilakukan oleh konsultan dari pusat. “Kami menunggu saja hasilnya,” kata dia.

Pembangunan jalan Tol Ciabnjur-Bandung tersebut akan melintasi beberapa kecamatan di wilayah timur Cianjur, mulai dari Sukaluyu, Ciranjang, Bojongpicung, hingga Haurwangi dengan panjang lintasan 14 kilometer.

Terkoneksi dengan tol Bogor-Sukabumi, kemudian Ciranjang-Bandung, tepatnya ke Cipularang.

“Sudah direncanakan, nanti akan dibangun tol dari Bogor ke Bandung, melintasi Sukabumi dan Cianjur. Kalau Bogor-Sukabumi dalam waktu dekat selesai,” ujar dia saat kunjungan ke Cianjur, belum lama ini.
 
Menurutnya, perencanaan lanjutan, termasuk titik yang dilalui jalan tol akan segera dilakukan, supaya pembangunannya bisa dilakukan dalam waktu dekat.(Ter)

×
Berita Terbaru Update