Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Nias Utara Serahkan Bantuan Kapal dan Alat Penangkapan Ikan kepada Nelayan

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:27 WIB Last Updated 2022-01-18T09:27:38Z
Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu, S.Pd saat menyalami  anggota Kelompok Nelayan

Gunung Sitoli.Internationalmedia.id.-Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara menyerahkan bantuan paket sarana kepada koperasi nelayan atau Kelompok Usaha Bersama (KUB). 

Penyerahan bantuan yang dilaksanakan di Pelabuhan Lahewa tersebut diserahkan langsung Oleh Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd, Jumat pekan lalu.

Bupati Nias Utara,  Amizaro Waruwu, S.Pd menyatakan, paket sarana penangkapan ikan merupakan perwujudan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam peningkatan ekonomi masyarakat pesisir di Kabupaten Nias Utara.

Kedepan kita optimalkan sumber daya dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Nias Utara. 

Dikatakan, bantuan sarana ini diharapkan supaya di pelihara dan dilaporkan hasil pengelolaannya secara periodik kepada Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara selaku dinas teknis yg membimbing dan mengarahkan nelayan untuk lebih maju. 

Nelayan berkolaborasi dengan dinas dalam penyiapan kelompok sesuai dengan mekanisme yang ada dan di fasilitasi oleh penyuluh perikanan. Mari membentuk kelompok atau koperasi nelayan yang lebih produktif. 

Lembaga permodalan begitu terbuka melayani para pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan seperti KUR dan bantuan permodalan dari LPMUKP Kementerian Kelautan dan Perikanan, mari manfaatkan informasi akses permodalan dengan memenuhi persyaratan dan mekanisme yang ada,pinta Bupati.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara, Sabar Jaya Telaumbanua, S.Pi, M.Si menyatakan, bantuan paket sarana ini berasal dari Anggaran DAK Tahun 2021, yang di berikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) atau koperasi nelayan yang sudah terdaftar pada Dinas Perikanan Kab. Nias Utara dan sudah memiliki kartu pelaku usaha perikanan (KUSUKA). 

Bantuan tersebut antara lain kapal dibawah 5GT sebanyak 2 unit, alat penangkapan ikan sebanyak 51 set (17 paket) dan satelit garmin sebanyak 62 unit di 14 kelompok KUB/koperasi nelayan yang ada di kecamatan Tuhemberua, Afulu, Sawo, dan Lahewa.

Wakil Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia(HNSI) Kabupaten Nias Utara, Sukardin Aceh menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam memberdayakan kelompok nelayan di Kabupaten Nias Utara.

Kedepan mari saling bekerjasama dan sinergi dalam memajukan sektor usaha kelautan dan perikanan di Kabupaten Nias Utara.(mahi)

×
Berita Terbaru Update