Notification

×

Iklan

Iklan

Produk Indonesia Curi Perhatian Pengunjung Pada Pameran Dagang Terbesar di Senegal

Rabu, 08 Desember 2021 | 13:47 WIB Last Updated 2021-12-08T06:47:58Z

Jakarta.Internationalmedia.id.-Produk-produk Indonesia yang dipamerkan pada “Foire Internationale de Dakar" (FIDAK), berhasil menarik perhatian para pengunjung pameran. 

Dalam pameran dagang internasional terbesar di Senegal tersebut, Indonesia antara memamerkan produk motor listrik “GESITS" dan mesin pertanian “QUICK". Pameran tersebut bertempat di CICES, Dakar mulai tanggal 7 hingga 20 Desember 2021.

Fasilitasi kepada perusahaan Indonesia ini diberikan mengingat besarnya peluang ekspor produk Indonesia khususnya ke Senegal dan wilayah Afrika Barat sekitar lainnya. 

Selain itu, partisipasi Indonesia pada FIDAK juga bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia secara lebih luas kepada masyarakat Afrika, antara lain seperti perihal keketuaan Indonesia di G20, potensi kekayaan alam dan budaya, kemajuan teknologi industri strategis hingga industri e-commerce Indonesia, ujar Duta Besar Indonesia untuk Senegal, Dindin Wahyudin.

Tahun ini, pameran FIDAK mengusung tema “Promosi Agrobisnis dalam rangka Mendukung Ketahanan Ekonomi dan Sosial", sementara tema yang diusung oleh Pavilliun KBRI Dakar yaitu “Wonderful Indonesia". 

Sejumlah produk Indonesia lainnya yang turut dipromosikan antara lain pesawat terbang CN 235, pupuk bio, farmasi, makanan dan minuman olahan hingga produk UMKM seperti pakaian batik serta kuliner Indonesia. 

Pada hari pembukaan, tercatat transaksi pemesanan tiga motor listrik GESITS dan pembelian produk makanan dan minuman serta obat-obatan oleh pengunjung.

Dengan kualitas dan harga yang bersaing, produk Indonesia berpotensi besar untuk sukses di pasar Afrika Barat. 

Terlebih adanya sertifikasi halal pada produk makanan dan minuman olahan Indonesia semakin memperkuat daya saing untuk pasar kawasan dengan mayoritas penduduk muslim ini, kata Dubes RI Dakar.

Lima belas perusahaan Indonesia telah berpartisipasi pada pameran FIDAK ke-29 ini. Adapun perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi secara langsung antara lain PT Spotalindo Mitra Utama, PT WIMA, dan PT Laila Ndiaye Prima. 

Perusahaan-perusahaan lainnya berpartisipasi secara virtual antara lain PT Sidomuncul Tbk., PT Dirgantara Indonesia, PT PINDAD, PT Karya Hidup Sentosa, CV Cimandala Makmur Sejahtera, PT Bahana Selaras, PT Rodamas Inti Internasional, PT Mayora Indah, Afifarma, PT Don Artha Makmur, PT Serena Sejahtera dan Tirta Ayu Spa.

Diharapkan melalui partisipasi pada FIDAK kali ini KBRI Dakar dapat semakin memperkenalkan kemajuan dan potensi besar Indonesia kepada masyarakat Afrika Barat, tidak hanya di bidang ekonomi, namun juga pada bidang teknologi, pendidikan, budaya hingga pariwisata.(marpa)

×
Berita Terbaru Update