Notification

×

Iklan

Iklan

Tari Tortor Batak Pukau Siswa Singapore-Cambodia International Academy

Selasa, 09 November 2021 | 09:20 WIB Last Updated 2021-11-09T02:44:55Z
Usai Manortor

Jakarta.Internationalmedia.id.-Tari Tortor asal Batak Sumatra Utara, digelar di Auditorium SCIA (Singapore-Cambodia International Academy) (06/11/2021). 

SCIA adalah sekolah asing yang didirikan oleh Singapore di Phnom Penh, Kamboja. Jenjang pengajaran pendidikan di Sekolah SCIA adalah tingkatan taman kanak-kanak, sekolah dasar, menengah dan atas.

Memenuhi permintaan SCIA mengisi acara workshop, guru tari Tortor Ms. Jery Periance Saragih dari Pusat Budaya Indonesia Nusantara KBRI Phnom Penh (PUSBUDI) telah mendemonstrasikan tahapan tari Tortor dalam acara workshop dengan sempurna.

Kemudian menampilkannya dengan penuh arti dan nilai seni budaya yang tinggi, diiringi alunan musik khas Batak Sumatera Utara yang memukau.

Tari Tortor merupakan salah satu jenis tarian tradisional yang sudah membudaya dan dikenal luas di masyarakat Sumatera Utara. 

Tarian ini telah mendapatkan tempat dan kedudukan dalam kehidupan masyarakat adat, dan dalam setiap penyelenggaraan acara adat, selalu ditampilkan dan menjadi bagian penting dalam masyarakat adat Batak yang memiliki nilai budaya dan nilai spiritual. 

Melalui tarian ini pula masyarakat adat dapat menyampaikan harapannya, doa, dan semua aktivitas kehidupannya.

Sebelum acara ditutup, acara dilanjutkan penyerahan seritifikat penghargaan kepada KBRI Phnom Penh dan guru tari Ms. Jery Periance Saragih, yang diserahkan oleh Ms. Suzanna Sa’at, Head of Admission and Community Engagement SCIA, dan disaksikan oleh Deputy Director General Cultural Affairs, Ministry of Culture and Fine Arts Cambodia, Cambodian Dance Sport Federation dan para hadirin yang hadir.(marpa)

×
Berita Terbaru Update