Notification

×

Iklan

Iklan

Peringatan 30 Tahun ASEAN-RRT, Presiden Dorong Peningkatan Kerja Sama Kedua Pihak

Senin, 22 November 2021 | 15:06 WIB Last Updated 2021-11-22T08:06:20Z
Presiden Joko Widodo didampingi Seskab Pramono Anung dan Menlu Retno Marsudi saat menghadiri Konferensi Khusus untuk Memperingati 30 Tahun Hubungan ASEAN-RRT, secara virtual dari Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (22/11/2021). (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Jakarta.Internationalmedia.id.-Selama 30 tahun ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) bermitra, sudah banyak kerja sama konkret yang dilakukan kedua kawasan, termasuk di bidang ekonomi. RRT bahkan menjadi mitra dagang terbesar bagi ASEAN selama 12 tahun terakhir.

Hal ini diungkapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya saat menghadiri Konferensi Khusus untuk Memperingati 30 Tahun Hubungan ASEAN-RRT, secara virtual dari Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (22/11/2021). 

“Perdagangan kita di tahun 1991 bernilai 8,36 miliar Dolar AS dan tahun lalu mencapai lebih dari 685,28 miliar Dolar AS, meningkat 82 kali lipat hanya dalam kurun waktu kurang dari 30 tahun,” ujar Presiden. 

Selain itu, investasi kumulatif dua arah juga telah melampaui 310 miliar Dolar AS selama 30 tahun terakhir sehingga menempatkan RRT sebagai sumber foreign direct investment (FDI) keempat terbesar dari seluruh mitra wicara ASEAN. 

Menurut Presiden Jokowi, hubungan kuat yang terjalin antara ASEAN-RRT membutuhkan kerja keras, salah satunya dengan membangun kepercayaan agar terbangun kemitraan yang lebih kokoh dan saling menguntungkan 30 tahun mendatang. 

“Rasa saling percaya itu dapat terwujud jika kita semua menghormati hukum internasional,” ungkapnya. Kemitraan ASEAN-RRT, lanjut Presiden Jokowi, perlu diperkokoh untuk menjadikan kawasan sebagai economic powerhouse. Perdagangan yang seimbang juga sangat penting untuk terus diupayakan. 

“Oleh karena itu kerja sama untuk mendukung transisi ekonomi, transisi energi, dan transisi digital menjadi sangat penting bagi kerja sama ke depan,” ujar Presiden. Guna mewujudkan hal tersebut, Presiden mengatakan bahwa ASEAN-RRT memiliki tanggung jawab untuk menjadikan kawasan yang damai dan stabil. 

Presiden Jokowi meyakini bahwa tanpa perdamaian dan stabilitas maka tidak akan ada kemakmuran. “Mari kita perkuat kerja sama to recover together, recover stronger,” tandasnya. “Saya ucapkan selamat 30 tahun ASEAN-RRT. 

Saya yakin, kemitraan strategis komprehensif akan mengantar kita pada lompatan besar bagi kemajuan hubungan ASEAN-RRT kedepan,” ucap Presiden. 

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan ini adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Sidharto R. Suryodipuro, dan Wakil Tetap RI untuk ASEAN Derry Aman. (lys)
×
Berita Terbaru Update