Notification

×

Iklan

Iklan

TNI AD dan US Army Latihan Bersama

Kamis, 21 Oktober 2021 | 21:03 WIB Last Updated 2021-10-21T14:03:10Z
Pangdam III/Siliwangi bersama US Army

Bandung.Internationalmedia.id.- Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, terima Courtesy Call (kunjungan kehormatan) dari Mobile Training Team (MTT) Security Force Assistance Brigade (SFAB) US Army, di Makodam III/Slw Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/10/2021).

Kedatangan delapan US Army yang dipimpin Major Eric Cannon dalam rangka melaksanakan latihan bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

Pangdam III/Slw mengatakan, bahwa dirinya merasa terhormat dapat bertemu dengan delegasi tim SFAB yang akan berbagi pengalaman dan pengetahuan bersama prajurit-prajurit Kodam III/Slw, khususnya dengan Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw selama 14 hari ke depan mulai tanggal 21 Oktober hingga 7 November 2021, mendatang.

Dalam kesempatan itu, Pangdam perkenalkan PJU Kodam III/Slw dimulai dari Kasdam III/Slw, Irdam III/Slw, Kapok Sahli Pangdam III/Slw, Asrendam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, dan para Kabalak Kodam III/Slw serta Komandan Yonif Raider 300/Bjw sebagai Komandan Latihan dalam kegiatan MTT SFAB tersebut.

Sementara itu, Pangdam juga mengenalkan sekilas sejarah berdirinya Kodam III/Siliwangi yang memiliki sejarah panjang, dimulai dibentuknya pada 20 Mei 1946 atau 9 bulan setelah Indonesia merdeka, dengan Panglima pertamanya Kolonel Abdul Haris Nasution salah seorang Pahlawan Kemerdekaan Indonesia.

“Kodam III/Siliwangi dalam perjalanan waktu telah banyak melaksanakan tugas operasi sejak perang kemerdekaan hingga saat ini, baik melalui Operasi Militer Perang (OMP) seperti perang mempertahankan kemerdekaan dan OMSP seperti menumpas aksi pemberontakan sparatisme di seluruh wilayah NKRI dan pengamanan perbatasan NKRI,” paparnya.

Selain itu, Pangdam juga menyampaikan kegiatan yang sedang berjalan, dimana prajurit Kodam III/Slw terlibat dalam penanggulangan pandemi covid-19. 

Hal ini aktif membantu pemerintah mengatasi berbagai permasalahan terkait covid-19 seperti vaksinasi, bantuan sosial, pengamanan wilayah pada saat PPKM, dan program kesehatan serta pemberdayaan terhadap masyarakat yang terpapar dan terdampak covid-19 di wilayah Jawa Barat dan Banten.

“Nikmati selama kegiatan bersama para Prajurit Raider 300/Bjw, laksanakan latihan dengan memperhatikan prosedur keamanan selama kegiatan latihan dan prosedur kesehatan covid- 19, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik. 

Selain itu, latihan bersama memberikan nilai positif bagi TNI AD dan US Army,” pungkasnya.

Seusai acara, seluruh peserta melaksanakan ramah tamah, selain makanan pokok bagi US Army juga menghidangkan makanan Khas Sunda yang ada di Bandung Jawa Barat diantaranya nasi kecombrang. (Pendam III/Siliwangi/Ter)

×
Berita Terbaru Update